Thursday, May 9, 2013

Interview Alumni PlotPoint : Daniel Salim


Guys, setelah sebelumnya kita bincang-bincang dengan Sefin, salah satu alumni kelas novel Plotpoint, sekarang kita bincang-bincang yuk dengan Daniel Salim, alumni kelas skenario Plotpoint periode Sepetmber 2012. 


 

Kenapa sih kamu tertarik ikutan kelas menulis skenario?
Karena saya tertarik dalam bidang film. Sebelum orang-orang datang ke bioskop untuk menikmati sebuah film, sebelum seorang actor memerankan perannya, sebelum kamera, lighting, visual effect audio, latar, lokasi bermain di tempatnya,semua itu dimulai dari sebuah ide cerita skenario yang baik.

Sebelum kamu ikut kelas mas Aris, gimana kamu melihat skenario dan film?
Skenario adalah sebuah cerita, plot, alur yang keren, menyentuh dan menghibur manusia.

Ada yang berubah setelah ikut kelasnya mas Aris? Ceritain dong...
pemikiranku langsung berubah saat mengikuti kelas mas Aris.  Apa yang aku dapat sesimple skenario itu sebenarnya cerita tentang manusia. Sebelum semua plot dan alur itu dibuat, kita harus memahami apa itu manusia. Memahami mengapa manusia berubah, mengapa manusia belajar. Sehingga memahami karakter adalah yang terpenting dalam menyusun skenario, bukan membuat plot yang keren atau menghibur saja.

Emang apa aja sih yang diajarin mas aris?
Selain pengembangan character, yang menarik adalah bagaimana kita diajar untuk masuk ke dalam sebuah industry penulisan skenario film. Percuma jika kita hanya mampu menulis, namun tidak tahu bagaimana kebiasaan dan prosesnya dalam industry penulisan skenario film. Mas Aris mengajarkan bagaimana kita menulis skenario sebagai sebuah produk, namun juga tidak menghilangkan nilai original penulisnya.

Ada kejadian menarik selama ikut kelas mas Aris?
Secara spesifik tidak ada. Namun dengan jumlah peserta kelas yang kecil membuat hubungan antar peserta menjadi dekat. Sampai sekarang kita masih aktif berkomunikasi.

Selanjutnya, apa rencana kamu selepas mengikuti kelas ini?
Tentu jangka panjangnya suatu saat bisa menulis skenario film layar lebar sendiri. Dan setidaknya langkah pertamaku masuk PlotPoint membuat aku sekarang bergabung sebagai salah satu penulis di Wahana Penulis.

Apa kegiatan kamu sekarang?
Produser dalam sebuah program rohani di SCTV, Assisten sutradara dan penulis cerita dalam konsep clip dan juga wedding video. Selain itu juga mulai menjadi penulis di Wahana Penulis.


Sampai jumpa di interview alumni kelas Plotpoint selanjutnya! :D

Berminat mengikuti jejak Daniel? Hubungi kontak di bawah ini, ya. ;)


021 34220888/ 021 75902920
daftar@tulissekarang.com
@_PlotPoint
YM: tulissekarang
www.plotpointkreatif.com

No comments:

Post a Comment