Tuesday, October 1, 2013

IDEAFEST 2013

Halo!

Weekend yang lalu ada acara yang keren banget yang diadain di Jakarta Convention Center (JCC). Nama acaranya adalah IDEAFEST 2013. Buat yang belum tau, jadi IDEAFEST ini adalah konferensi bisnis kreatif Indonesia yang menghubungkan bisnis dengan kreativitas yang out of the box.  Di IDEAFEST 2013 ini PlotPoint ketemu banyak banget teman-teman yang punya passion di industri kreatif, mulai dari teman-teman penulis, video maker, illustrator, fashion designer dan  masih banyak lagi bidang-bidang kreatif lainnya. Kenapa ya mereka pada semangat banget dateng ke acara ini?  Apa lagi kalau bukan karena tamu-tamu yang diundang sebagai pembicara keren-keren banget, guys!


Dalam 2 hari di IDEAFEST 2013 ini kita bisa ikutan workshop dan nyimak seminar dari orang-orang keren, berpengaruh dan berprestasi di industri kreatif  kayak Raditya Dika, Wishnutama (NET), Rudy Ramawy (Google), Wi Wi Goh (Youtube) Christian Riyanto (Ismaya Group), Leo Theosabrata (Goods Dept) & Freddie Beh (Wakai/Metrox Group) sampai tokoh nasional macam Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI, Basuki T Purnama.  

Nah, buat kalian yang gak bisa datang ke IDEAFEST 2013, jangan khawatir. Seperti janji kita di twitter, kali ini PlotPoint punya rangkuman konferensi IDEAFEST 2013 yang berlangsung hari Sabtu, tanggal 28 September 2013 yang lalu. Silahkan disimak ya!

The Future of Tomorrow’s Media
Di sesi ini ada mas WisnuTama dari NET. & Rudy Ramawi dari Google yang jadi pembicara. Kalian tau dong mas Wisnutama? Sebelum aktif di NET. Mas Wisnu ini adalah salah satu otak dari kesuksesan Trans TV, guys. Nah, di sesi ini Wisnutama cerita tentang perkembangan media saat ini yang ternyata sekarang gak bisa dilepaskan dari internet. Di NET. sendiri, mas Wisnu sudah mengintegrasikan acara-acara nya dengan youtube. Kenapa? Karena menurutnya channel youtube ini memiliki engagement yang tinggi dengan audience. Mas Wisnu bahkan sempet cerita kalo buatnya saat ini, rating bukanlah menjadi satu-satunya parameter untuk “jualan” sebuah acara. Nah loh!

Sementara itu, mas Rudy dari Google juga kurang lebih memberikan penjabaran yang serupa mengenai perkembangan konten di youtube. Menurutnya sekarang ini minat audience terhadap youtube emang semakin tinggi. Jadi, inilah saatnya buat mengisi youtube dengan konten yang seru-seru guys!


How Youtube (Will) Change Our Life


Nah, di sesi kedua juga obrolannya juga gak jauh-jauh dari Youtube. Kali ini ada perwakilan dari youtube juga nih, namanya Wi Wi Goh yang ngasih penjabaran yang lengkap mengenai gimana Youtube mengubah hidup kita. Youtube jadi media buat orang yang "bukan siapa-siapa" untuk menunjukkan talentnya dan berpotensi mengubah hidup mereka. Ada banyak banget guys orang-orang yang jadi super tenar gara-gara youtube. Melalui youtube "You can find your audience directly". Youtube juga memungkinkan kita untuk membuat kita untuk bisa menghasilkan uang dari passion yang kita punya dengan cara yang lebih mudah, seperti yang dilakukan sama Raditya Dika dengan Malam Minggu Miko-nya yang saat ini subscribernya sudah hampir mencapai 1 juta orang. Wih!

Dika juga cerita mengenai pengalamannya membuat Malam Minggu Miko. Dengan modal keinginan untuk ngeliat acara yang beda dari kebanyakan acara di televisi sekarang, Dika nekat ngumpulin temen-temen (yang gak dibayar) buat barengan ngerjain Malam Minggu Miko. Sampe akhirnya mereka berhasil bikin beberapa episode yang cukup sukses hingga menarik Kompas TV untuk menayangkan Malam Minggu Miko di TV beneran dan membuat Dika kini memiliki profesi baru sebagai sutradara. Sebuah hal yang mustahil banget dilakukan kalo aja gak ada yang namanya Youtube.  Jadi, kalo kamu juga adalah golongan orang-orang yang bosen sama acara di tv nasional kita, an merasa bisa bikin konten yang lebih menarik, dburuan aja wujudin ide kamu dan sebarkan ke dunia melalui Youtube. Kali aja bisa sukses ditonton sama jutaan orang ;)


Elevator Pitch

Di sesi Elevator Pitch, beberapa innovator kreatif diundang untuk mempretasikan ide-ide kreatifnya. Ada Putri Sentanu dari @nebengers, Amalia Vesta dari @liburanlokal, Kunto Yoga dari LLARISBGT/LAKUBGT, Ario Tama dari Ohdio FM, Doni Priliandi dari Happy5, dan Calvin Kizana yang bikin aplikasi hits  Picmix. Asik banget ide-ide mereka, guys! 


Business with Style

Sekarang ini di Indonesia banyak banget loh guys anak muda yang berani memulai bisnisnya sendiri. Khususnya di bidang kreatif. Mulai dari bikin studio ilustrasi, bikin furniture, bikin clothing line, jualan online, dan masih banyak lagi jenisnya. Nah, 3 orang pembicara berikut adalah contoh 3 entrepenuer muda yang cukup sukses dalam usahanya. Kalian pernah denger atau bahkan pernah beli produk-produk dari The Goods Dept. , clothing store yang paling happening di Jakarta? Atau Wakai shoes yang super pewe? Atau tempat restoran plus tempat nongkrong keren macam Pizza e Birra, The Social House dan tempat ngopi yang juga gak kalah happeningnya di Jakarta The Djournal? Nah, brand-brand tadi adalah hasil dari kerja keras 3 orang ini guys. Mereka adalah Christian Riyanto (Ismaya Group), Leo Theosabrata (Goods Dept) & Freddie Beh (Wakai/Metrox Group).

 

 

Christian dari Ismaya Group punya pesan buat teman-teman yang kepengen jadi entrepreneur nih. Menurutnya kunci untuk jadi entrepeneur adalah mengerjakan hal yg kamu suka. Christian suka banget sama makanan,desai dan musik.  Itu kenapa Ismaya Group bentuk usahanya adalah restoran, cafĂ© dengan desain yang keren, juga bikin konser musik. Hal serupa juga diungkapkan oleh Leonard yang sebelumnya dikenal sebagai desainer produk, tapi kini mengembangkan usaha retail  The Goods Dept yang ngasih kesempatan buat banyak anak muda yang punya usaha fashion untuk memasarkan produknya. Menurut Leo, semua yang dia kerjakan landasannya adalah passion.

 

So, guys… remember to Follow your passion!



Social Innovation in Education by Anies Baswedan

Siapa yang gak kenal Anies Baswedan? Pak Anies ini adalah seorang akademisi yang belakangan namanya semakin populer. Karena kegelisahannya terhadap dunia pendidikan Indonesia yang gak merata, Pak Anies menjadi inisiator gerakan Indonesia Mengajar yang menggerakkan anak-anak muda untuk turun tangan membantu pemerataan ini dengan menjadi guru selama satu tahun di daerah-daera di seluruh Indonesia yang tidak memiliki tenaga guru yang cukup.
Di sesi ini Pak Anies cerita kalo mimpi terbesarnya dia adalah  ia ingin melihat  setiap orang di Indonesia merasakan keadilan yang sama. Ia ingin suatu hari nanti melihat  anak yang lahir di mana saja di wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, memiliki kesempatan yang sama untuk merasakan kesejahteraan di Indonesia.
Ada pesan yang penting banget nih dari Pak Anies, guys :”Untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia, kita harus merasa own the problem. If we own the problem, kita jadi peduli dan mau bekerja untuk mengatasinya. Think big, do small, act now”.


Creativity as the New Government by Ahok & Andy F. Noya




Belakangan ini kita bias mendapati video-video rapat PEMDA DKI terupload di Youtube. Sesuatu yang baru banget. Kalo sebelumnya kita gak pernah tau apa aja sih yang setiap harinya dikerjakan oleh PEMDA DKI, kali ini dengan terbuka kita bisa tau dan nyimak rapat-rapat mereka secara terbuka. Sebuah invasi yang kreatif di bidang pemerintahan. Ide itu datang dari Basuki T. Purnama atau biasa dikenal sebagai Ahok yang sekarang menduduki jabatan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.
Dimoderatori oleh Andy F Noya, Ahok cerita banyak hal yang mendasari  langkah-langkahnya di pemerintahan DKI yang gak jauh berbeda dari Pak Anies, semuanya dimulai dari keinginan untuk memberikan perubahan nyata yang menyentuh langsung masyarakat.
Bagi Ahok, jadi kreatif sangat penting dalam dunia pemerintahan. Terutama ketika harus berhadapan denagn pengambilan keputusan krusial dengan cepat. Ya kita bisa liat guys gimana sepak terjangnya Ahok dalam menjalankan tugasnya di Pemerintahan.

Oke. Itu tadi rangkuman konferensi dari IDEAFEST 2013. Semoga cukup berguna buat kamu yang gak sempet dateng ya, guys! 

1 comment:

  1. TOKO ASIA ELETRONIK
    Buka Promo Cuci Gudang hrg terjankau
    MenawarKan Produk asli dan bergaransi :
    Harga Promo Stok barang terbatas
    ASIA ELEKTRONIK PUSAT ELEKTRONIK Online Shop
    JL.Kh.Hasyim Ashari No.125 Sentral Jakarta 10150
    HUB:0853-2822-2842 PIN BB:24C19401
    Hasyim Ashari Jakarta Pusat
    http://asia-elektronik77.blogspot.com/
    Kamera DSLR CANON EOS 1100D Kit
    APS-C Digital SLR, 12.2 Megapixel, LiveView, 2.7″ TFT LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 2.200.000
    Kamera DSLR CANON EOS 500D Body
    APS-C Digital SLR, 15.1 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, Body Only
    Harga Rp. 2.559.000
    Kamera DSLR CANON EOS 550D Body
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/ SDHC/ SDXC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, Body Only
    Harga Rp. 2.700.000
    Kamera DSLR CANON EOS 550D Kit1
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/ SDHC/ SDXC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 2.964.000
    Kamera DSLR CANON EOS 600D Body
    APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, Body Only
    Harga Rp. 3.087.000
    Kamera DSLR CANON EOS 600D Kit1
    APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD with EF-S 18-55mm F3.5-5.6 II IS
    Harga Rp. 3.300.000
    Kamera DSLR CANON EOS 550D Kit2
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/ SDHC/ SDXC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 3.750.000
    Kamera DSLR CANON EOS 60D Body
    APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, Body Only
    Harga Rp. 3.828.000
    Kamera DSLR CANON EOS 60D Kit1
    APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 4.239.000
    Kamera DSLR CANON EOS 600D Kit2
    APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, with EF-S 18-135mm F3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 4.323.000
    Kamera DSLR CANON EOS 60D Kit2
    APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 4.500.000
    Kamera DSLR CANON EOS 60D Kit3
    APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 6.210.000
    Kamera DSLR CANON EOS 7D Body
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, Body Only
    Harga Rp. 6.750.000
    Kamera DSLR CANON EOS 7D Kit1
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 7.514.000
    Kamera DSLR CANON EOS 5D Mark II Body
    Full Frame Digital SLR, 21.1 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, Body Only
    Harga Rp. 8.508.000
    Kamera DSLR CANON EOS 7D Kit2
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 15-85mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 8.709.000
    Kamera DSLR CANON EOS 5D Mark II Kit
    Full Frame Digital SLR, 21.1 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF 24-105mm f/4L IS USM
    Harga Rp. 13.319.000
    Kamera DSLR CANON 5D Mark III Body
    Full Frame Digital SLR, 22.3 Megapixels, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.2″ TFT Color LCD
    Harga Rp. 11.097.000
    Kamera DSLR CANON EOS 5D Mark III KIT
    Full Frame Digital SLR, 22.3 Megapixels, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.2″ TFT Color LCD, Include EF 24-105L IS USM
    Harga Rp. 17.000.000
    Kamera DSLR CANON EOS 1Ds Mark III Body
    Full Frame Digital SLR, 21.1 Megapixel, LiveView, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, Body Only
    Harga Rp. 29.250.000
    http://asia-elektronik77.blogspot.com/

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan