Halo!
Weekend yang lalu ada acara yang keren
banget yang diadain di Jakarta Convention Center (JCC). Nama acaranya adalah
IDEAFEST 2013. Buat yang belum tau, jadi IDEAFEST ini adalah konferensi bisnis kreatif Indonesia yang
menghubungkan bisnis dengan kreativitas yang
out of the box. Di IDEAFEST 2013 ini PlotPoint
ketemu banyak banget teman-teman yang punya passion di industri kreatif, mulai
dari teman-teman penulis, video maker, illustrator, fashion designer dan masih banyak lagi bidang-bidang kreatif
lainnya. Kenapa ya mereka pada semangat banget dateng ke acara ini? Apa lagi kalau bukan karena tamu-tamu yang
diundang sebagai pembicara keren-keren banget, guys!
Nah, buat kalian yang gak bisa datang ke IDEAFEST 2013, jangan khawatir. Seperti janji kita di twitter, kali ini PlotPoint punya rangkuman konferensi IDEAFEST 2013 yang berlangsung hari Sabtu, tanggal 28 September 2013 yang lalu. Silahkan disimak ya!
The Future of Tomorrow’s Media
Di sesi ini ada
mas WisnuTama dari NET. & Rudy Ramawi dari Google yang jadi pembicara.
Kalian tau dong mas Wisnutama? Sebelum aktif di NET. Mas Wisnu ini adalah salah
satu otak dari kesuksesan Trans TV, guys. Nah, di sesi ini Wisnutama cerita
tentang perkembangan media saat ini yang ternyata sekarang gak bisa dilepaskan
dari internet. Di NET. sendiri, mas Wisnu sudah mengintegrasikan acara-acara nya
dengan youtube. Kenapa? Karena menurutnya channel youtube ini memiliki
engagement yang tinggi dengan audience. Mas Wisnu bahkan sempet cerita kalo
buatnya saat ini, rating bukanlah menjadi satu-satunya parameter untuk “jualan”
sebuah acara. Nah loh!
Sementara itu,
mas Rudy dari Google juga kurang lebih memberikan penjabaran yang serupa
mengenai perkembangan konten di youtube. Menurutnya sekarang ini minat audience
terhadap youtube emang semakin tinggi. Jadi, inilah saatnya buat mengisi
youtube dengan konten yang seru-seru guys!
How
Youtube (Will) Change Our Life
Nah, di sesi kedua juga obrolannya juga gak jauh-jauh dari Youtube. Kali ini ada perwakilan dari youtube juga nih, namanya Wi Wi Goh yang ngasih penjabaran yang lengkap mengenai gimana Youtube mengubah hidup kita. Youtube jadi media buat orang yang "bukan siapa-siapa" untuk menunjukkan talentnya dan berpotensi mengubah hidup mereka. Ada banyak banget guys orang-orang yang jadi super tenar gara-gara youtube. Melalui youtube "You can find your audience directly". Youtube juga memungkinkan kita untuk membuat kita untuk bisa menghasilkan uang dari passion yang kita punya dengan cara yang lebih mudah, seperti yang dilakukan sama Raditya Dika dengan Malam Minggu Miko-nya yang saat ini subscribernya sudah hampir mencapai 1 juta orang. Wih!
Dika juga cerita mengenai pengalamannya membuat Malam Minggu Miko. Dengan modal keinginan
untuk ngeliat acara yang beda dari kebanyakan acara di televisi sekarang, Dika
nekat ngumpulin temen-temen (yang gak dibayar) buat barengan ngerjain Malam
Minggu Miko. Sampe akhirnya mereka berhasil bikin beberapa episode yang cukup
sukses hingga menarik Kompas TV untuk menayangkan Malam Minggu Miko di TV
beneran dan membuat Dika kini memiliki profesi baru sebagai sutradara. Sebuah
hal yang mustahil banget dilakukan kalo aja gak ada yang namanya Youtube. Jadi, kalo kamu juga adalah golongan
orang-orang yang bosen sama acara di tv nasional kita, an merasa bisa bikin konten yang lebih menarik, dburuan aja wujudin ide
kamu dan sebarkan ke dunia melalui Youtube. Kali aja bisa sukses ditonton sama jutaan orang ;)
Elevator Pitch
Di sesi Elevator
Pitch, beberapa innovator kreatif diundang untuk mempretasikan ide-ide
kreatifnya. Ada Putri Sentanu dari @nebengers, Amalia Vesta dari @liburanlokal,
Kunto Yoga dari LLARISBGT/LAKUBGT, Ario Tama
dari Ohdio FM, Doni Priliandi dari Happy5, dan Calvin Kizana yang bikin
aplikasi hits Picmix. Asik banget
ide-ide mereka, guys!
Business with Style
Sekarang ini di Indonesia banyak banget loh guys
anak muda yang berani memulai bisnisnya sendiri. Khususnya di bidang kreatif.
Mulai dari bikin studio ilustrasi, bikin furniture, bikin clothing line, jualan
online, dan masih banyak lagi jenisnya. Nah, 3 orang pembicara berikut adalah
contoh 3 entrepenuer muda yang cukup sukses dalam usahanya. Kalian pernah
denger atau bahkan pernah beli produk-produk dari The Goods Dept. , clothing
store yang paling happening di Jakarta? Atau Wakai shoes yang super pewe? Atau
tempat restoran plus tempat nongkrong keren macam Pizza e Birra, The Social House dan tempat
ngopi yang juga gak kalah happeningnya di Jakarta The Djournal? Nah,
brand-brand tadi adalah hasil dari kerja keras 3 orang ini guys. Mereka
adalah Christian Riyanto (Ismaya Group), Leo Theosabrata (Goods Dept) &
Freddie Beh (Wakai/Metrox Group).
Christian dari Ismaya Group punya pesan buat teman-teman yang
kepengen jadi entrepreneur nih. Menurutnya kunci untuk jadi entrepeneur adalah mengerjakan hal yg kamu suka. Christian suka
banget sama makanan,desai dan musik. Itu
kenapa Ismaya Group bentuk usahanya adalah restoran, café dengan desain yang
keren, juga bikin konser musik. Hal serupa juga diungkapkan oleh Leonard yang
sebelumnya dikenal sebagai desainer produk, tapi kini mengembangkan usaha
retail The Goods Dept yang ngasih
kesempatan buat banyak anak muda yang punya usaha fashion untuk memasarkan produknya.
Menurut Leo, semua yang dia kerjakan landasannya adalah passion.
So, guys… remember to Follow your passion!
Social Innovation
in Education by Anies Baswedan
Siapa
yang gak kenal Anies Baswedan? Pak Anies ini adalah seorang akademisi yang
belakangan namanya semakin populer. Karena kegelisahannya terhadap dunia
pendidikan Indonesia yang gak merata, Pak Anies menjadi inisiator gerakan
Indonesia Mengajar yang menggerakkan anak-anak muda untuk turun tangan membantu
pemerataan ini dengan menjadi guru selama satu tahun di daerah-daera di seluruh
Indonesia yang tidak memiliki tenaga guru yang cukup.
Di
sesi ini Pak Anies cerita kalo mimpi terbesarnya dia adalah ia ingin melihat setiap orang di Indonesia merasakan keadilan
yang sama. Ia ingin suatu hari nanti melihat anak yang lahir di mana saja di wilayah
Indonesia dari Sabang sampai Merauke, memiliki kesempatan yang sama untuk
merasakan kesejahteraan di Indonesia.
Ada
pesan yang penting banget nih dari Pak Anies, guys :”Untuk mengatasi masalah
pendidikan di Indonesia, kita harus merasa own
the problem. If we own the problem, kita jadi peduli dan mau bekerja untuk
mengatasinya. Think big, do small, act
now”.
Belakangan
ini kita bias mendapati video-video rapat PEMDA DKI terupload di Youtube.
Sesuatu yang baru banget. Kalo sebelumnya kita gak pernah tau apa aja sih yang
setiap harinya dikerjakan oleh PEMDA DKI, kali ini dengan terbuka kita bisa tau
dan nyimak rapat-rapat mereka secara terbuka. Sebuah invasi yang kreatif di
bidang pemerintahan. Ide itu datang dari Basuki T. Purnama atau biasa dikenal
sebagai Ahok yang sekarang menduduki jabatan sebagai Wakil Gubernur DKI
Jakarta.
Dimoderatori
oleh Andy F Noya, Ahok cerita banyak hal yang mendasari langkah-langkahnya di pemerintahan DKI yang gak
jauh berbeda dari Pak Anies, semuanya dimulai dari keinginan untuk memberikan perubahan
nyata yang menyentuh langsung masyarakat.
Bagi
Ahok, jadi kreatif sangat penting dalam dunia pemerintahan. Terutama ketika
harus berhadapan denagn pengambilan keputusan krusial dengan cepat. Ya kita
bisa liat guys gimana sepak terjangnya Ahok dalam menjalankan tugasnya di
Pemerintahan.
Oke. Itu tadi rangkuman konferensi dari IDEAFEST 2013. Semoga cukup berguna buat kamu yang gak sempet dateng ya, guys!
No comments:
Post a Comment