Tuesday, December 3, 2013

Kegiatan Bis Nulis 2013

Halo guys!

Dalam rangka menyambut rilisnya buku Cerita Horor Kota, minggu lalu PlotPoint bikin workshop nulis cerita horor. Nama acaranya #BisNulis. Kenapa namanya gitu? Soalnya kita berangkat bareng naik bus dan materi workshopnya juga diberikan selama perjalanan di dalam bus. Seharian, peserta workshop ditemenin sama salah satu editor PlotPoint yaitu mas Arief Ash Shiddiq untuk membantu peserta mengembangkan ide buat bikin cerita horor.






Agenda acaranya, selain penyampaian materi, yaitu mengunjungi tempat yang berpotensi untuk dibuat setting cerita horor. Nah minggu lalu, PlotPoint memilih kawasan Kota Tua sebagai tempat tujuan. Kita pilih salah satu museum untuk dijelajahin buat menginspirasi peserta workshop. Museum yang kita pilih adalah Museum Seni Rupa guys. Bangunannya sudah cukup tua dan banyak lukisan-lukisan dan benda-benda bersejarah lainnya. Hii~ Potensial buat setting cerita. :D





Di perjalanan menuju Kota Tua, mas Arief sempat tanya-tanya ke peserta tentang rasa takut. Apa yang bisa bikin peserta workshop takut dan bagaimana menggali rasa takut itu untuk dibuat jadi cerita yang menarik. Pas sudah sampai, lanjut lagi pembekalan materi di depan Museum Seni Rupa. Terus lanjut deh explore tempat di dalam museum. Pas sudah jam 12 siang, saatnya istirahat dulu guys. Kita makan di restoran sekitar museum. Tapi biarpun lagi makan siang, peserta juga masih diskusi-diskusi ringan sama mas Arief tentang penulisan. Hihihi, antusias banget ya mereka.







Habis makan siang, kita balik lagi ke museum untuk nambah materi dan juga latihan membuat sketsa cerita. Mas Arief jelasin tentang pola-pola yang sering muncul di cerita horor. Gimana cara push teror dan horor di dalam cerita agar ceritanya makin menarik. Pulang-pulang dari workshop, kayaknya para peserta jadi makin sadis nih gara-gara tips-tips dari mas Arief. Hehehhe.


Seru ya guys! Kapan-kapan kalau PlotPoint ngadain #BisNulis lagi, kalian ikutan ya~ :D

5 comments:

  1. Workshop yang cukup menggoncang kestabilan jiwa karena jadi makin sadis (I was there, man)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Sebeellll... udah daftar dan bayar buat ikutan bis nulis tapi pas hari H-nya dikabarin buat standby terbang :'( nasiiibbbb.. sering2 ngadain workshop nulis kayak gini ya, biar bisa ikutan lagi, huhuhu :((

    ReplyDelete
  3. Ke kota Tua melihat peninggalan sejarah. Kiranya dapat diambil pelajaran. Seperti halnya yang dimuat dalam artikel http://bit.ly/1hdmJBD bahwa perlu diberikan himbauan kepada masyarakat Aceh untuk ikutserta memperhatikan benda bersejarah..

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan