Sunday, January 13, 2013

Sejarah Cover Buku



Pasti semuanya kenal quote ini, bukan : “don’t judge a book by it’s cover”.  
Dewasa ini cover buku kerap digarap serius untuk menarik perhatian pembeli buku dengan membuat desain bagus dan tambahan atribut. Tapi, tahukah kalian bagaimana sejarah cover buku?

Ketika abad pertengahan, sampul yang dibuat untuk manuskrip menggunakan bahan mewah seperti emas, perak dan permata. Selama ratusan tahun, penjilid buku berfungsi sebagai alat lindung dan penghormatan dekoratif budaya mereka. Namun, perubahan besar terjadi pada sampul buku di tahun 1820-an. Pada masa ini, mulai muncul teknik bagaimana sebuah buku bisa disampul dan secara bertahap tiap halamannya dijahit menjadi satu. Bahan sampul yang dulunya kain dan menghabiskan banyak biaya,diganti menjadi kertas biasa.

Penemuan mesin uap juga meminimalkan biaya produksi sampul, sehingga harga penjilidan seimbang dengan harga cetak buku. Cover berubah menjadi printable, menggunakan cetakan logam multi warna dan kemudian mengalami setengah proses ilustrasi. Teknik ilustrasi ini mengambil fenomena dari seniman poster di abad 19 yang jasanya kemudian dimasukkan ke dalam industri buku. Setelah adanya ilustrasi ini, fungsi cover berubah tidak hanya menjadi pelindung halaman, namun juga berfungsi sebagai bentuk print-ad sekaligus menyampaikan informasi mengenai isi buku.

Gerakan Art Nouveau di abad 20 merangsang modernisasi pada desain cover buku yang kemudian membawa pengaruh signifikan. Industri buku menjadi besar dan banyak muncul penerbit baru di Eropa, London dan New York. Beberapa desain cover unik muncul di Uni Soviet sepanjang ramainya seniman avant garde seperti Alexandr Rodchenko & El Lissitzky thn 1920. Desainer Aubrey Beardsley juga membawa pengaruh besar pada desain awal 4 volume The Yellow Book tahun 1894

Saat terjadi Perang Dunia, cover buku menjadi sangat vital karena industri buku semakin kompetitif. Cover dibuat sangat detail, dibedakan tergantung style, genre dan judul buku dengan harapan menarik perhatian pembeli. Gaya desain cover buku berbeda tiap negara, tergantung dari selera pasar. Buku terjemahan bisa menjadi sangat menarik dengan dibuatkan kemasan khusus sebagai hadiah, yang terkenal contohnya Twilight dan Harry Potter. Cover Book Award dijadikan salah satu nominasi award buku; seperti yang dilakukan Barnes & Noble, Penguin Books dan National Book Award. Designer cover buku mendapat achievement di mata masyarakat.


PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan