Thursday, May 8, 2014

Pengetikan Ulang Buku untuk Tunanetra


Hai guys!

PlotPoint barusan dapet info nih. Jadi, nanti itu bakalan ada Pengetikan Ulang Buku untuk Tunanetra (PBUT). Indonesia sendiri memiliki penyandang tunanetra sebanyak 3,5 juta orang. Mereka butuh buku Braille untuk membaca, tapi buku Braille itu susah banget buat didapetin di toko buku atau perpustakaan umum gitu. Makanya, ikutan jadi relawan pengetikan yuk. Pada mau kan?

Acaranya diselenggarakan pada :

Hari/tanggal                       :  Sabtu, 31 Mei 2014
Pukul                                :  07.00 – 17.00 WIB
Tempat                             :  Balairung UI, Depok


Syarat menjadi relawan :
  1. Relawan mendaftar perorangan dan memiliki laptop/notebook.
  2. Relawan bisa mengoperasikan computer (ms.word) secara aktif.


Setelah menjadi relawan, kamu bakalan ngedapetin fasilitas berikut ini :
  • Snack
  • Makan siang
  • T-shirt
  • Sertifikat


Kalo kalian berminat, langsung aja kirim SMS dengan cara:
(Nama_Email_No.HP_Alamat_Organisasi/Instansi)  ke 085711889109 (Sofi).

Pendaftaran cuma sampe tanggal 15 Mei 2014 lho. Makanya buruan daftar, bantuin temen-temen kita.
Oia, kalian boleh share berita ini ke siapa aja, makin banyak yang ikut, semakin baik buat mereka.


Bantuin ya! :D

3 comments:

  1. Salam sejahtera,

    Saya tergerak dengan aksi pengetikan buku yang digagas oleh Yayasan Mitra Netra. Saya juga pernah melihat melalui televisi bahwa salah satu hambatan yang signifikan terhadap ketersediaan buku bagi para penyandang tuna netra adalah naskah buku tersebut harus diketik manual sehingga didapat salinan buku dalam bentuk digital, baru kemudian diubah menjadi huruf braile.

    Saya juga ingin turut berpartisipasi dalam bentuk pengetahuan mengenai teknologi OCR untuk dapat membantu teman-teman tuna netra. Jikalau teknologi ini dimanfaatkan, dan ditambah dengan penggerakan massa yang besar, maka saya yakin dampaknya akan masif terhadap perkembangan pengetahuan teman-teman tuna netra di Indonesia.

    OCR (Optical Character Recognition) adalah sebuah teknologi yang mampu menganalisa sebuah gambar dan mendeteksi teks yang ada di dalamnya. Hasil analisa teks yang ada di dalam gambar tersebut kemudian dimunculkan lagi menjadi teks yang benar-benar bisa diedit. Secara singkat, teknologi OCR ini mampu mendeteksi teks yang ada di dalam gambar sebuah dokumen (hasil scan maupun foto dokumen) dan mengekstraknya menjadi teks yang bisa anda edit.

    Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan manfaat dari teknologi ini:


    1. Software OCR (baca http://www.pusatgratis.com/software/tools-dan-utilities/3-software-ocr-gratis-yang-mampu-mengubah-foto-dokumen-menjadi-teks.html)

    2. Layanan OCR online (baca http://www.pusatgratis.com/tutorial/komputer/2-cara-mengubah-gambar-hasil-scan-dokumen-menjadi-teks-dengan-layanan-online.html)


    Pada prinsipnya cara kerja keduanya sama yaitu dengan memanfaatkan file hasil scan atau foto dari halaman yang ingin diambil teksnya, maka teknologi OCR akan mengenali huruf-huruf yang tertera pada gambar dan menampilkannya dalam bentuk teks digital yang bisa dicopy, paste, dan diedit.

    Singkatnya, teknologi OCR ini jika dimanfaatkan dengan baik akan dapat menghasilkan format digital dari buku yang akan diterjemahkan ke huruf braile secara lebih cepat dan efisien.

    Semoga bermanfaat,
    Tuhan memberkati.

    Salam,
    Yohanes Lieberto

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan