Wednesday, August 28, 2013

#RaBuku Ayo rawat buku kamu dengan baik!

Guys, 

suka kesulitan nggak untuk merawat buku-buku kalian? :D


Merawat buku bukanlah hal yang sulit, namun seringkali orang malas  atau tidak tahu cara merawatnya, padahal buku yang dibelinya itu tidak murah lho!

Kali ini Plotpoint akan memberikan kamu tips cara merawat buku. Yuk disimak! :D


1. Disampul.
Dengan menyampul buku, buku kita jadi terlihat bersih walaupun sudah lama. Sebelum menyampul buku carilah plastik yang agak tebal dan tidak lengket untuk sampul buku kamu. Usahakan pakai plastik bening agar cover bukunya terlihat. Yang perlu diperhatikan adalah pada saat menyampul buku jangan terlalu ketat, karena nanti bisa membuat bagian cover buku terlipat jika sering dibuka.


2. Jangan Dilipat. 
Melipat buku bisa merusak kertas, Gunakan pembatas buku jika kamu ingin menandai buku. Yang paling fatal jika kita menandai buku dengan benda tebal seperti pulpen atau lainnya karena bisa merusak jilid.


3. Disusun berdiri, bukan ditumpuk. 



Simpan buku dengan cara disusun berdiri. Jangan pernah dengan cara menumpuk karena bisa merusak jilid buku dan covernya. 
Gunakan pembatas rak agar buku yang kita susun berdiri tegak.


4. Dibersihkan. 
Buku kalau kelamaan disimpan dan dipajang pasti berdebu, biar nggak berdebu ya harus dibersihkan. Membersihkan buku gampang kok, Bisa dengan kemoceng, lap, lap basah juga boleh untuk buku yang bercover plastik (umumnya hardcover).


5. Jangan ditekuk & dilipat. 
Ini kesalahan yang sering terjadi, umumnya ketika orang membaca buku jari telunjuk suka membentuk lekukan pada buku, ini menyebabkan buku menjadi cacat karena tekukan tersebut.


6. Jangan dicorat-coret. 
Untuk buku cetakan usahakan untuk tidak dicorat-coret entah itu pakai pulpen ataupun pensil karena dengan pensil pun ketika dihapus kertas menjadi lebih tipis. Gunakan sticky notes seperti post it atau merek lainnya karena ketika catatan tersebut dilepas, perekat pada catatan kertas tersebut nggak meninggalkan sisa di buku kita.
Post-it!

7. Diberi Kapur Barus (kamper). 


Kapur Barus 
Bahan baku kertas berasal dari kayu yang dijadikan bubur kemudian dicetak menjadi lembaran-lembaran tipis. Umumnya buku-buku baru tidak dirayapi karena beberapa sudah diberi zat-zat kimia untuk bahan baku daur ulang kertas. Juga material plastik dalam pembuatan kertas licin. Namun untuk buku-buku yang masih menggunakan kertas asli umumnya masih bisa dirusak rayap. Maka dari itu rak buku boleh ditaburi kapus barus yang dihancurkan atau bubuk cengkeh agar buku kita terjaga dari rayap.


8. Lakukan rotasi posisi buku setiap dua pekan sekali.
Jika memungkinkan, keluarkanlah buku-buku dari lemari dan letakan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.

9. Cahaya Yang Cukup
Tak ada salahnya memberi lampu khusus dalam lemari buku hingga buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku. 

10. Mudah Dijangkau
Usahakan letak buku tidak berdekatan dengan lantai. Artinya tempat buku jangan di bagian paling bawah lemari. Pilihlah tempat yang memungkinkan buku enak dilihat dan mudah dijangkau. Pilihan bisa di bagian tengah atau atas.



Ayo rawat buku kamu dengan baik! :D




                        

1 comment:

  1. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    Blog Walking visit myblog nyapnyap.com ^^

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan