Tuesday, December 18, 2012

10 HAL YANG 2012 BANGET

Halo!

Gak terasa kita sudah ada di akhir tahun 2012. Tahun ini, selain isu kiamat, ternyata ada banyak hal lainnya yang bikin dunia kita ini jadi makin penuh warna. Ada film yang seru, ada musik yang menyenangkan dan bikin joget-joget, ada buku yang bikin mikir, ada serial TV yang bikin ketawa-ketiwi, ada video youtube yang bikin kamu gak konsen belajar atau kerja, ada gaya yang bikin kamu berlama-lama di depan kaca atau browsing baju di online shop, dan sebagainya.. dan sebagainya...


Nah, dan sebagainya.. dan sebagainya.. itu banyak banget kan, guys. Daripada kita lupa di tahun-tahun mendatang, PlotPoint akan meringkasnya buat kamu lewat daftar 10 HAL YANG 2012 BANGET. Oya, ini versi redaksi PlotPoint ya.. kalau kamu gak setuju atau bahkan mau bikin list kamu sendiri.. silahkan banget... kita tunggu komennya di bawah. Hehe. Oke, ini dia:



Life of Pi (Film)



Film ini dahsyat, man! Kalau kamu baca bukunya, pasti kamu juga nggak yakin kalau buku karya Yann Martel ini bisa diadaptasi jadi film. Tapi ternyata bisa. Ternyata buku ini menunggu teknologi 3D pasca film Avatar sejak 2001 agar bisa difilmkan. Jadilah film Life of Pi ini hadir pada 2012 dan ditangani oleh sutradara kenamaan Asia: Ang Lee dan penulis skenario: David Magee. Bagi kami ini adalah salah satu film adaptasi dari novel yang terbaik. Kalau bukunya bisa nge-push dalam hal konten cerita soal manusia dan Tuhan, maka filmnya bisa nge-push medium penceritaan di film. Sudah nonton tapi dalam 2D atau DVD bajakan? Ih, nggak seru banget! Kamu telah melewatkan keajaiban di depan mata. 3D-nya bukan tempelan, tapi bentuk dari keajaiban cerita dan tentu, keajaiban hubungan kita dan Tuhan. :) 



Fifty Shades of Grey (Buku)



Buku ini jadi buku terhits yang dibeli dalam bentuk e-book. Kenapa? Mungkin karena perempuan-perempuan pada senang bisa beli buku mommyporn ini diam-diam :p Selain itu buku ini juga kasih efek genre erotika happening lagi. Sekaligus bikin pembelian tali jemuran meningkat... dan bukan, ini ceritanya bukan tentang drama cuci pakaian. Hehehe. Selain itu, buku ini jadi kontroversi juga. Pertama, para feminis menganggap buku ini bisa membuat kekerasan dalam hubungan sebagai sesuatu yang kasual. Kedua, banyak perceraian di luar negeri terjadi gara-gara si istri ngambek suaminya nggak mau mempraktekan "konten" di buku. Jadi ceritanya tentang apa? Well, yang jelas ini bukan untuk kamu yang di bawah 21 tahun. Serius.



New Girl (Serial TV)



2012 diramaikan dengan aksi Jess yang suka tiba-tiba nyanyi sembarangan dan mendadak nimbrung dalam kehidupan 3 cowok lain sifat. Yes! New Girl langsung jadi daya tarik baru TV kita, Ada Zooey Deschanel dengan gaya sassy, dorky, quirky plus her beautiful eyes and husky voice bikin rusuh dengan jadi anggota baru loft yang ditinggali Schmidt "the one who obsessed to be awesome", Nick "the quitter, bitter, but also a nice guy", dan Winston "legenda bola basket Latvia yang crawling back to America, trying to have a real life". Tapi New Girl diluar kekocakannya menawarkan perkembangan karakter yang menarik dan nilai-nilai positif yang diberikan karakter Jess. Eh ada roman terselubung juga lho, semoga serial ini langgeng sampe tahun-tahun berikutnya :)

  

KPOP (musik)


Tahun 2012 jadi tahun epic untuk Korea Selatan, dari awal dekade kedua milenium ini Korea Selatan sudah membombardir asia dan dunia dengan budaya populernyanya. Perkembanganya sangat didukung oleh mulai mudahnya akses internet. Musik, ga
me show TV, drama TV dan film korea, hingga kulinernya jadi mudah diakses dan kemudian mendapatkan hati masyarakat dunia. Agresi dari korea selatan yang terbesar salah satunya adalah K-POP, genre musik pop elektronik dengan format performernya sekelompok muda mudi yang tergabung dalam girl band dan boy band jadi booming di internet. 



Yang menarik KPOP idol digembleng dan dikarantina bertahun-tahun untuk latihan bernyanyi, dance, modeling dan akting sebelum debut pertamanya rilis, bahkan gosipnya mereka rela melakukan beragam operasi untuk mendukung image mereka. Di Indonesia sendiri tahun 2012 diramaikan dengan suksesnya konser girlband - boyband korea seperti SNSD, Super Junior, Wonder Girl dan Big Bang. Gak ketinggalan juga fenomena PSY yang hits banget di seluruh dunia dengan Gangnam Stylenya. Wuiih..!

  

Dumb Way to Die (Youtube)


Super unyu! Dan serunya ini adalah video PSA sebuah perusahaan kereta di Melbourne, Australia, sebagai kampanye agar para penumpang berhati-hati saat berada di sekitar perlintasan kereta api. Hingga sekarang, video ini udah mendapat 33 juta hit di Youtube, padahal baru diupload pertengahan November kemarin.



Jokowi & Ahok (Tokoh)



Dua tokoh ini populer banget di 2012. Terlebih setelah mereka berhasil terpilih sebagai Gubernur & Wakil Gubernur Jakarta. Terobosan-terobosan yang buat, terlebih keputusan mereka untuk membuka akses kepada masyarakat untuk melihat kerja mereka melalui youtube dinilai banyak orang sebagai perubahan yang disambut baik sama masyarakat. Oya, kalau kamu mau menyimak video-video kerja Jokowi Ahok, bisa dilihat melalui link ini: http://www.youtube.com/user/pemprovdki



Chevron & Aztec Print (Motif)



Motif zigzag, konfigurasi segitiga dengan warna-warna vivid memabukan jadi visual paling populer dan menarik di kalangan anak muda, puncaknya di tahun 2012. Motif ini ada di mana-mana, layout majalah, fashion, merchandise, jewelery dll. Motif ini juga dipopulerkan oleh ilustrator-ilustrator Indonesia salah satunya Diela Maharanie. Kamu bisa cek karya-karya Diela di sini: http://dielamaharanie.blogspot.com/


Kumis (Icon)


The gentlement icon tampaknya jadi simbol terfavorit di 2012. Ada banyak aja di mana-mana. Mulai dari jadi logo restoran, kaos, properti foto... sampe design buat kampanye Gubernur. Hmmm.. jadi penasaran nih, icon apa yang bakalan jadi rame di tahun depan :)


Running (Olahraga)



Kalo di tahun-tahun sebelumnya semua orang naik fixie, tahun ini orang-orang rame-rame lari... dari kenyataan.. eh.. enggak deng... Hehe.. Lari beneran. Lari untuk olahraga. Yep. Bagus juga olahraga ini jadi populer di Tahun 2012, paling enggak olahraga sekarang sudah jadi gaya hidup buat sebagian orang. Which is good. 



taken from: ghiboo.com
Sekarang ini, banyak hal juga yang bisa bikin aktivitas lari kamu menjadi menyenangkan. Ada apps yang bisa ngukur berapa kalori yang kamu keluarkan, berapa jarak yang sudah kamu tempuh, yang semuanya bisa tersambung dengan sosial media macam twitter, facebook atau path. Ditambah lagi pilihan sepatu lari yang makin banyak variasi model dan warna yang bikin aktivitas lari kamu jadis emakin gaya. Oya, di Indonesia sendiri juga udah ada loh komunitas orang-orang yang hobi lari. Namanya Indorunners. Kamu bisa update info kegiatan mereka dengan follow twitter @indorunners 


London Olympics



Ini adalah event olahraga terbesar di dunia, dan setelah olimpiade Beijing yang spektakuler itu, orang-orang jadi menanti seperti apa Olimpiade ala Inggris. Dan yak. Semua itu dijawab dengan asik dan sedikit show off sama Inggris. LOL. Untuk upacara pembukaan dan penutupan olimpiade, mereka memunculkan "kekayaan" budaya mereka yang beda banget dari penyelenggaraan olimpiade sebelumnya. Yep. Apalagi kalau bukan musik, film, fashion & sports culture mereka yang bahkan udah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Mulai dari kemunculan Mr Bean, JK Rowling yang bacain cerita-cerita anak dari penulis Inggris, Paul McCartney, Spice Girls, David Beckham, sampe adegan Ratu Elizabeth lompat dari helikopter bareng James Bond. Keren!






Tapi bukan cuma acara pembukaan dan penutupan aja yang keren. Logo London Olympics juga jadi kasus yang cukup keren buat dipelajarin dari segi design. Konon katanya, ketika desain logo ini di launch, banyak banget orang yang skeptis dan bilang kalo logo ini FAIL banget. Tapi, jawaban asik kemudian keluar dari Wolff Olins si designer: “We wanted the logo in particular to make people reconsider Olympics, to think about them in a different way”. Tsaah... ;D


Yak. Itu tadi list yang kita buat. Kalau kamu setuju, gak suka atau bahkan mau nambahin.. silahkan submit komen kamu yaaa... :) 



Cheers!

Redaksi PlotPoint

4 comments:

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan