Monday, December 17, 2012

Film MOCKBUSTER, penebeng popularitas film Blockbuster

             
Halo!

Bagi penggemar berat film Hollywood, pasti sudah familiar dengan film-film Mockbuster. Tapi, tidak sedikit juga yang belum mengerti. Mockbuster adalah film “plesetan" atau "tiruan” dari film Hollywood dengan judul yang (sengaja dibuat) nyaris sama, kebalikan dari film Blockbuster yang ia tiru. Mockbuster adalah istilah yang dibuat penggemar film karena membonceng” popularitas film blockbuster-nya. ‘Mock’ sendiri berarti tiruan, pura-pura,dan ejekan.





Film-film Mockbuster tidak pernah tayang di layar lebar,murni diproduksi untuk konsumsi home cinema saja (dalam format DVD atau Blue Ray). Budget produksi film ini rendah. Tidak heran, kualitas videonya juga rendah dan pemasukannya pun sedikit.



Beberapa studio film memang sengaja memproduksi film Mockbuster ini. Mau tahu alasannya? Mereka membuat film Mockbuster dengan harapan bisa meraup pendapatan dari orang-orang yang tidak sengaja mengira itu film Blockbuster yang mereka caContoh film Mockbuster yang sempat menjadi bahan pembicaraan adalah Transmorphers, tiruan dari film Transformers. Jika budget Transformers hingga US $150 Juta, budget TRANSMORPHERS hanya sekitar US $300.000



Mockbuster punya sejarah panjang di Hollywood dan tempat lain. Tahun 1959 saja sudah Mockbuster film Creature from the Black Lagoon, yang berjudul The Monster of Piedras Blancas buatan Vanwick. Film sukses “E.T” Spielberg pun punya Mockbuster-nya setahun setelah film E.T rilis. Tiruannya adalah Mac and Me




Seringkali,film terkenal dibuat Mockbuster-nya menjadi film biru. Contoh: Edward P*nishands (Edward Scissorhands) dan Forrest H*mp (Forest Gump). Kita gak sediakan gambarnya ya ;)



Sebuah studio animasi Brazil bernama Vídeo Brinquedo memproduksi film low-budget / direct to-video, khas tipe format film Mockbuster. Sejak 2006, Video Brinquedo membuat Mockbuster film-film Pixar, Disney dan Dreamworks. Misalnya : Little & Big Brothers ( tiruan Monsters vs. Aliens), kartun series The Little Cars  (Cars), What's Up?: Balloon To The Rescue (Up) dan Ratatoing (Ratatouille). 



Selain film-film Hollywood, anime Jepang tidak lepas dari Mockbuster. Saat Mazinger Z terkenal di Korea Selatan, sutradara animasi Kim Cheong-gi membuat Robot Taekwon V sebagai versi lokalnya. Anime Jepang Macross Frontier juga ada versi tiruan Cinanya, sebuah seri berjudul Astro Plan.

Yep! Itu tadi sedikit ulasan PlotPoint soal film Mockbuster. Penasaran mau nonton filmnya? Silahkan cari-cari di google yaaa :)

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan