Wednesday, December 5, 2012

Bau Buku



photo courtesy: gizmodo.com


Kamu pernah ngerasain bau aneh kalau kamu membaca buku tua ?
Iya, itu adalah bau buku! Kamu mau tahu mengapa buku tua menimbulkan bau tersendiri? :)

“Kombinasi dari bau asam kertas dan dasar lapukan bervanili” adalah bagaimana tim kimia internasional menjelaskan bau unik yg berasal dari buku tua. Agak puitis memang, kalau begitu bagaimana sih sebab sebenarnya?

Buku terbuat dari bahan organik yang terdiri dari kertas, tinta, lem dan serat. Semua bahan-bahan bereaksi terhadap cahaya, panas, kelembaban, dan selama bertahun-tahun melepaskan sejumlah senyawa organik volatil satu sama lain. Saat sebuah buku melepaskan senyawa, ia bercampur dengan variasi bahan2 yg ada di dalamnya.

Para peneliti menguji 72 buku dan menemukan 15 senyawa yang muncul terus dan namun penampakannya terus berkurang. Senyawa tersebut termasuk zat asam asetat, benzaldehida, butanol, furfural, octanal, methoxyphenyloxime, dan nama unik kimia lainnya. Sebuah buku juga dipengaruhi oleh lingkungan yang selalu berada di sekitarnya. Baunya bercampur, sehingga ada buku yang sedikit berbau asap rokok, bau kopi, atau mungkin bulu kucing.

Menurut peneliti, ungkapan “judge a book buy it’s cover”  bisa diterapkan utk mengetahui asal-usul buku dari baunya. Peneliti mengembangkan metode dgn menggunakan alat special yg bisa “mengendus” utk menganalisis senyawa organic volatile. Pengembangan metode ini digunakan utk menentukan kondisi dan usia buku, serta dari dokumen kertas lainnya. Mereka berharap studi yang dinamakan degradomics ini berguna untuk  perpustakaan, museum, dan pengaarsipan dan untuk menentukan bagaimana cara menyimpan dan merawat koleksi buku yang benar #BauBuku


*RaBuku Tahukah Kamu adalah segmen tweet PlotPoint yang diadakan tiap Rabu,  mulai pukul 13.00-15.00 WIB

2 comments:

  1. Agak ribet ya. Istilah-istilah kimia yang kalo dijadiin mantra bisa memelet seseorang. Halah... Baru tahu ada istilah dan penelitiannya sebegitu serius. :D

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan