Friday, February 1, 2013

Ngobrol bareng Penulis: Armadina

Ini dia cewek energik yang suka wara-wiri panggung fashion. Lihat wawancara kami dengan Armadina, penulis novel ABG di Balik Runway :)


Mulai kapan kamu tertarik dengan dunia menulis?

Dari kecil aku udah nulis. Waktu masih batita unyu-unyu aku udah sering corat-coret ini itu hahahaaa... Corat-coretnya bukan bikin gambar kayak anak kecil lainnya, aku dulu lebih suka nulis-nulisin nama aku di kertas pakai huruf gede-gede, Umi –panggilanku untuk Mama- yang ajarin. Kalau untuk nulis yang “beneran” itu waktu aku SD, sekitar kelas empat SD deh kayaknya. Awalnya aku suka nulis-nulis puisi karena dari SD aku sudah suka puisi. Hmmm…mungkin pengaruh dari Umi ku juga sih, Umi itu suka banget puisi, beliau yang mengenalkan aku dengan Eka Budianta, Rendra, Sutardji, Subagio dll. Tapi “cinta pertama” aku sih tetep Chairil Anwar hahahaaa.

Apa yang menjadi inspirasi kamu ketika menulis?

Inspirasi ya? Banyak! hahahaaa. Macem-macem banget yang jadi inspirasi aku, tapi kebanyakan itu apa yang ada disekitar aku dan apa yang aku suka. Aku sering juga punya muse saat menulis, biasanya muse aku adalah orang yang bagi aku sangat menarik dan punya sesuatu yang bikin aku penasaran. Tapi muse aku cuma ada saat aku nulis cerita fiksi, kalau aku lagi nulis berita, artikel, atau nonfiksi sih nggak ada muse. Musenya lebih ke apa yang ada disekitar aku aja.


Di ABG di Balik Runway, apa dari kecil kamu bercita-cita jd wartawan fashion?

Wartawan fashion? Enggak! hahahaaa. Jangankan pakai embel-embel fesyen, punya cita-cita jadi wartawan aja enggak. Aku nggak kepikiran sama sekali, buat aku, fashion itu terlalu jauh dari keseharian aku. Dulu, jangankan kepengen ada di dunia fashion  ngikutin aja enggak, tahu juga cuma seadanya dari TV yang kadang suka kasih liputan si desainer A atau si desainer B yang abis bikin peragaan busana di negara ini atau negara itu. Aku hanya sebatas itu aja taunya, selebihnya enggak. Aku juga bukan pembaca majalah atau tipe yang rajin browsing di dunia maya. Jadi, waktu awal nyemplung di fashion bener-bener masih buta banget hahahaaa. Waktu masih kecil nan unyu, cita-cita aku itu macem-macem yang paling aku inget, aku pengen jadi dokter spesialis Patologi Anatomi, tapi aku dodol banget masalah rumus dan hitung-hitungan hahahaaa. Terus yang terakhir, dan yang bertahan paling lama bahkan setelah aku jadi wartawan itu, aku pengen jadi sutradara film.

Ceritain dong pengalamanmu di ABG di Balik Runway

Pengalaman banyak banget! Kalau aku certain semua bisa-bisa jadi ada ABG di Balik Runway jilid 2 hahahaaa. Intinya sih, pengalaman aku banyak banget, dari mulai yang seneng sampe yang sedih. Seneng karena punya banyak temen baru dan sedih karena beberapa orang sering mandang sebelah mata. Tapi itu wajar aja sih, aku kan masih anak bawang juga di fashion hahahaaa.

Pengalaman apa yang paling seru ketika kamu jadi wartawan fashion?

Dikandangin di tent JFW seminggu full! Hahahahaaa. Itu kocak, seru, ajaib, dan nggak kebayang banget deh pokoknya. Waktu JFW 2011/2012 aku masih kelas XI SMA, dan moment JFW bertepatan dengan libur Sea Games selama satu minggu, dan aku berkesimpulan bahwa JFW tahun itu sangat amat berjodoh sama aku hahahaaa. Gila, nggak kebayang banget bisa pas gitu waktunya, aku libur seminggu dan seminggu itu JFW! Seru! Saat itu aku bener-bener seminggu full di JFW, aku sampe ngekost, dan untuk cerita lengkapnya bisa baca di buku aku hahahaaa. Tapi intinya banyak kejadian yang nggak pernah aku bayangin. Percaya nggak, selama beberapa hari aku sampe jadi tukang delivery sarapan para model yang bosen sama makanannya hahahaaa. Kocak! Ada yang nitip bubur ayam, nasi uduk, sampe goreng-gorengan. Terus gara-gara itu juga aku jadi bisa liat prosesi GR(Gladi Resik) fashion show di JFW. Aku pernah satu hari disana dari pagi abis anterin sarapan sampe jam 2 siang cuma pakai celana pendek, sandal jepit, kaos tidur sama jaket! Hahahaaaa parah banget ya? Ke event fashion seprestisius JFW cuma ngegembel kayak gitu, tapi aku cuek aja sih LOL.

Ada masukan untuk temen2 yang sedang menulis?

Just write what you want to write, what you love and like to write. Tulis aja dulu apa yang kamu pengen, masalah nanti-nantinya gimana itu belakangan, karena buat aku salah satu point utama untuk menulis adalah nulis. Kalau kamu hanya “Aku pengen jadi penulis, aku pengen nulis yang kayak gini, yang kayak gitu” tapi kamu nggak ngelakuin apa-apa ya sama aja bohong. Terus kalau ada pertanyaan “Tapi nanti tulisannya buat apa Kakak? Masa nulis doang?”, untuk permulaan kamu bisa posting di blog, itu yang paling simple. Kamu nggak usah mikirin dulu akan ada berapa banyak yang baca, karena percaya deh kata-kata dari para penulis keren yang bilang, “Tulisan yang bagus akan menemukan jalan sendiri ke pembaca”. Rajin-rajin nulis dan ngumpulin contoh tulisan kamu juga penting banget kalau sampai suatu saat nanti kamu mau ngelamar kerjaan dan diminta kasih portfolio. Oiya, jangan lupa belajar terus, latihan terus, banyak baca, dan tentunya banyak nulis.






Mau tau cerita lengkap Armadina wara-wiri di belakang panggung fashion? Simak ceritanya di buku ABG DI BALIK RUNWAY yang sudah bisa kamu dapatkan di toko-toko buku favorit kamu ;)


No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan