Friday, February 1, 2013

Laporan Workshop: Editing is Storytelling!

Oleh: Fitria Muthmainnah (Co Founder - Workshop Manager) 

Halo semua,


Minggu lalu, tanggal 25-27 Januari 2013, tim PlotPoint bareng kang Cesa David Luckmansyah berkesempatan mengisi workshop editing untuk tim editor Trans TV. Buat yang kamu yang belum familiar sama Cesa David Luckmansyah, Ia adalah salah satu editor film yang paling laris di Indonesia. Film-film yang ia edit juga banyak banget dapat penghargaan, diantaranya Catatan Akhir Sekolah, Sang Penari, Jakarta Hati, dan sederet judul lainnya yang gak muat kita sebutin satu persatu di sini saking banyaknya.

Selama workshop, Kang Cesa, panggilan akrabnya  cerita soal pengalamannya mengedit berbagai jenis film dan iklan sambil kasih ilmu untuk para editor Trans TV. Para editor TRANS TV juga berbagi soal pengalaman mereka mengedit program TV yang buanyak banget itu. 

Yang unik dari workshop editing ini adalah, walaupun namanya workshop editing, selama tiga hari workshop enggak ada pelajaran teknis di depan komputer! Nah loh! Para editor ini enggak diajarkan untuk berjibaku ngedit di depan komputer, tapi malah diajarin untuk bisa menulis, membaca, dan bercerita. Yep! Karena buat Kang Cesa, Editing is Storytelling! Seorang editor bukan hanya harus bisa mengoperasikan software editing, editor juga harus mampu menceritakan kembali sebuah cerita. Cerita yang sudah ada harus bisa diolah menjadi lebih baik oleh editor. Dibuat sedemikian rupa supaya lebih dramatis, efektif dan efisien penyampaian ceritanya. 

Mau tau seperti apa suasanya workshopnya? Berikut ini PlotPoint kasih beberapa foto dari kegiatan workshop di Trans TV kemarin: 











1 comment:

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan