Thursday, February 7, 2013

Panduan Sinopsis Untuk Kirim Naskah (update)


Teman-teman,

Terima kasih sudah mengirimkan naskah atau berniat mengirimkan naskah. Kenapa makasih? Karena niat aja kan sebenarnya sudah pahala, hehehe.

Tapi, ada yang kami belum sreg nih, banyak banget yang mengirimkan sinopsis yang tidak jelas apa ceritanya; Ada yang sinopsisnya cuma kumpulan kata-kata indah, ada juga yang diakhiri dengan pertanyaan bagaimana cerita itu berakhir, dan lain-lain. 

Ini sangat nggak efektif karena kami jadi bingung untuk menganalisa cerita kalian dan melihat potensi ceritanya. 

Berikut panduan dari kami:

Sinopsis untuk Novel
A.     Format

- Jumlah kata: 500 - 1000 kata, kira-kira 2 hingga 4 halaman.
- Huruf: Times New Romans, ukuran 12, spasi 1,5.
- Selalu ditulis dalam sudut pandang orang ketiga.

B.     Isi

- Sebuah sinopsis selalu berisi informasi tentang karakter, setting, plot, urutan kejadian, dan tema novel.
- Komposisi dasar
   
   Paragraf satu: Mulai dengan paragraf pembuka yang berisi informasi singkat tentang tokoh utama, dunia tempat dia tinggal, dan situasi yang membuka bagian awal novel.

   Paragraf dua: Isi dengan pengenalan mengenai perubahan yang akan mengguncang keseharian si karakter. Yang harus ada adalah pemicu perubahan ini, tidak harus berisi keseluruhan konflik yang dihadapi karakter dalam novel.

   Paragraf-paragraf berikutnya: Isi dengan rentetan peristiwa yang terjadi, yang menggelinding akibat kejadian awal yang memicunya (yang sudah ditulis di paragraf dua).

   Paragraf penutup: Isi dengan bagaimana hasil dari konflik tersebut, apa jawaban final dari karakter terhadap permasalahan yang dihadapinya. Apa yang berubah dari hidup si karakter-karakternya setelah mereka menghadapi masalah-masalah dalam cerita.

Sinopsis untuk Omnibook (kumpulan cerpen)
- Tulis tema/benang merahnya.
- Lalu tulis sinopsis per cerita. Cukup 2 - 5 kalimat per cerita yang menjelaskan: Siapa karakter utama, dia sangat menginginkan apa dan apa hambatannya. Jelaskan juga di sini di mana setting (tempat dan waktu ceritanya).

Sinopsis untuk Naskah Non Fiksi
- Penulisannya bisa dalam bentuk outline per bab. Sama seperti penulisan omnibook, tiap babnya harus jelas menginformasikan/menjelaskan apa.
- Kami juga menerima rancangan outline buku (naskah belum jadi). Sertakan juga CV dan/atau portfolio untuk menunjukkan kalau kamu memang punya kapasitas dalam bahasan tersebut.

Semoga panduan ini membantu yaaa. Kami tunggu naskah kamu. :D

Salam,

Tim Redaksi

23 comments:

  1. Kalau kumpulan cerpen sinopsisnya per cerita berarti ya?

    ReplyDelete
  2. berarti boleh ngirim kum-cer ke Plot-Po ya? syaratnya sama kayak novel?

    ReplyDelete
  3. minimal berapa ide cerpen dalam satu omnibus?
    kalau boleh tahu apakah ini semacam kontes dimana idenya akan diseleksi lalu dipublish?
    dan yang paling terakhir bolehkah mengirim cerpen-cerpen yang sudah jadi instead of naskah?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. admin, mohon banget dijawab. kalo kita bikin novel, sudut pandangnya bebas atau harus sudut pandang orang ketiga? terima kasih :)

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum min, mau nanya kalau kita kirim naskah dan lebih dari 4 halaman boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca persyaratan ini http://plotpointkreatif.blogspot.com/2012/06/kirim-naskah-yuk.html?showComment=1375325395675#c3173586253851766982

      Delete
  7. untuk kumpulan puisi/prosa gimana ya? thanks :)

    ReplyDelete
  8. Dear punggawa Plotpoin, naskah yang dikirkm dalam bentuk mail, subjectnya apa? dalam bentuk docx atau pdf? Mohon balasan segera :). Salam Berkarya #mahapena. Terima kasih seblumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkanbaca posting kami mengenai syarat pengiriman naskah http://plotpointkreatif.blogspot.com/2012/06/kirim-naskah-yuk.html?showComment=1375325395675#c3173586253851766982

      Delete
  9. gimana dong kak ;_; aku baru tahu kalau ada panduan ini.... dan aku nulis sinopsisnya semauku aja T__T gimana nih? apa harus buat lagi sesuai panduan, terus kirim lagi?
    mohon dijawab kakak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dibuat dan dikirimkan lagi :)

      Delete
  10. Dikirim kemana ya ?

    ReplyDelete
  11. mimin aku mau tanya.. penulisan sinopsis untuk omnibook di taruh di akhir semua cerpen (pas semua cerpen selesai) atau di taruh di akhir 1 cerita aja? makasih min ;)

    ReplyDelete
  12. Kalau kumpulan esai sastra boleh ga? Jadi monolog gitu formatnya mirip beberapa cerita di Madre & Rectoverso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PlotPoint menerima omnibook, seperti Blue Romance, Stasiun, atau Delapan Sisi. Kalau kumpulan esai kamu punya satu benang merah yang sama, kirim aja ke PlotPoint. :)

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Kak, aku baru kirim naskah cerpen Horor n novel Horor..., please di liat ya..., n bagus gak bagus ato pantes gak pantes please kirim replay ya..., thanks... :)

    ReplyDelete
  15. Min, terima naskah dalam bahasa inggris ngga? Trims :)

    ReplyDelete
  16. hallo admin, gimana kabar dr naskah ku..? apakah bisa di publikasikan melalui plot point? please rplay yaaa... :D makasi yaa.... :)

    ReplyDelete
  17. Menarik, jadi tahu bagaimana membuat sinopsis (www.danangfeb.blogspot.com)

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan