Thursday, September 26, 2013

#RaBuku Sejarah Perpustakaan Keliling

Guys, suka pergi ke perpustakaan kan?

Nah, tahu nggak kalian ternyata ada lho yang namanya perpustakaan keliling. Yuk baca selengkapnya disini! :)


Perpustakaan keliling adalah bagian perpustakaan umum yang mendatangi pemakai dengan menggunakan kendaraan. 

Ide untuk membuat perputakaan keliling pertama kali muncul di Inggris, yaitu pada tahun 1859. Mechanics Institution di Warrington Inggris, yang bertujuan memperkenalkan pelayanan perpustakaan secara berkeliling dengan ruang lingkup yang terbatas dalam lingkungan perguruan tinggi tersebut. Kendaraan yang digunakan ialah sejenis kereta kuda. 

Awal abad ke 20, di Glasgow, diselenggarakan pelayanan serupa tetapi ditujukan untuk masyarakat umum. Pelayanan yang dimulai pada tahun 1904 itu mempelopori timbulnya sejumlah perpustakaan keliling yang tersebar di seluruh Inggris. Seperti misalnya Warrington Library (tahun 1974) dalam periode kerja Manchester Library yang sejak tahun 1931 menyelenggarakan. Pada tahun 1962 sudah terdapat 327 buah perpustakaan keliling yang tersebar di berbagai daerah di Inggris. 

Di Amerika, perpustakaan keliling timbul pertama kali atas ide dari Mary Titcomb, seorang pustakawan dari Washington Country Free Library. Pada tahun 1905 ia menugaskan Joshua Thomas, seorang pesuruh sekali seminggu dan menggunakan kereta kuda, pelayanan semacam dengan menggunakan kendaraan bis Hagerstown, Maryland, perpustakaan untuk berkeliling melayani penduduk secara langsung ke daerah pedesaan, memuat 250 buah buku. Kendaraan yang digunakan ialah sebuah kereta kuda yang dapat Dengan menggunakan kendaraan tersebut Joshua Thomas mengelilingi Plainfield Public Library di Plainfield, Indiana tahun 1916 dengan menggunakan sebuah mobil Ford berkapitas ± 400 buku; Perkembangan perpustakaan keliling selain menjalar di Amerika, juga menjalar di negara-negara lain di seluruh dunia, seperti Kanada (1930), Jepang (1940), India (1953), Pakistan (1957), Singapore (1959), Irak (1961), Malaysia (1962), dan Indonesia (1974). propinsi Washington yang berpendudukan ± 49.617 orang, Nigeria (1958), Belgia (1959), Kemajuan perpustakaan keliling bukan hanya ditandai dengan makin bertambahnya negara yang menyelenggarakan pelayanan itu, tetapi juga ditandai dengan berkembangnya jenis kendaraan. 

Di Norwegia, sebagian besar perpustakaan keliling menggunakan perahu bermotor. Sedangkan di Perancis, selain dengan mobil terdapat pula perpustakaan keliling dengan menggunakan kereta api. pelayanan tersebut.


Nah, di Indonesia juga ada lho perpustakaan keliling. 
Ini nih guys beberapa foto perpustakaan keliling yang ada di Indonesia: 


Perpustakaan keliling Taman Bacaan Mahanani



Perpustakaan keliling di Poso



Salah satu perpustakaan keliling di Bandung




Ayo tularkan semangat membaca! :)




Sumber :

http://medfo.net46.net/perpustakaan%20keliling.pdf
http://www.bimba-aiueo.com/menengok-perpustakaan-keliling-di-berbagainegara/

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan