Wednesday, April 24, 2013

Interview Alumni Kelas Novel PlotPoint : Josefine Putri



Halo!

Kalian sudah tahu kan kalo PlotPoint secara rutin mengadakan workshop penulisan novel bersama Clara Ng? Nah, kali ini kita bincang-bincang yuk dengan salah satu alumni Kelas Novel Plotpoint periode Maret 2012 yang melalui program Clara Ng Book Project mengeluarkan buku #3BurungKecil bersama 2 orang rekannya di workshop ini. Yuk simak bincang-bincang kami dengan Josefine Yaputri atau yang akrab disapa Sefin. 



Kenapa sih kamu tertarik ikutan kelas menulis novel?
Karena aku memang sudah mencintai menulis sejak kecil, tapi untuk menerbitkan novel sendiri belum kesampaian dan harapannya dengan ikutan kelas menulis novel aku menjadi mengerti teknik menulis novel yang baik.

Sebelum kamu ikut kelas mba Clara, gimana kamu melihat novel dan film?
Aku nggak secara spesifik memilih bacaan atau tontonan untukku pribadi, tapi sejak ikut kelas menulis novel aku menjadi lebih aware bahwa bacaan dan tontonan mempengaruhi gaya tulisan dan bahasaku. Jadi aku sekarang lebih pilih-pilih bacaan dan tontonan supaya tulisanku juga berbobot.

Ada yang berubah setelah ikut kelasnya mba Clara? Ceritain dong...
Lebih gampang untuk mulai menulis karena sebelumnya aku selalu mencari-cari alasan untuk tidak menulis karena takut hasilnya jelek, tapi sekarang aku lebih berani untuk menulis dan let it flow aja. Begitu selesai, baru aku baca ulang dan revisi. Aku menjadi lebih teliti dalam menulis, sih. Nggak sekadar impulsif karena lagi kepingin menulis saja. Aku juga jadi lebih rajin ikutan lomba-lomba menulis sebagai sarana latihan menulis.

Novel "Tiga Burung Kecil"
ditulis oleh Sefiin bersama Mikha & Tj
Alumni kelas novel dasar bersama Clara Ng

Emang apa aja sih yang diajarin mba Clara?
Deskripsi karakter, plot, setting, juga konsistensi. Aku suka bagian setting karena membuatku lebih peka terhadap sekitar dan benar-benar menggunakan kelima panca indra.

Ada kejadian menarik selama ikut kelas mba Clara?
Ketemu orang-orang yang berasal dari lingkar pertemanan yang sama. Ketemu orang-orang yang memiliki passion menulis yang sama meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda.

Selanjutnya, apa rencana kamu selepas mengikuti kelas ini?
Aku baru mau memulai nulis novel lagi, terutama dari draft kelas kemarin. Karena sebelumnya masih nulis untuk proyek novel bareng Plotpoint (Clara Ng Book Project), kan... Doain ya supaya aku bisa menyelesaikan draft novelku tahun ini.

Apa kegiatan kamu sekarang?
Yang berhubungan dengan dunia penulisan, aku sekarang lebih aktif nulis blog. Selain itu aku juga menjadi Head of Editors di divisi Publication Merry Riana Campus Ambassador. Semester ini aku juga mengikuti kelas penulisan kreatif prosa supaya bisa belajar lebih banyak lagi tentang dunia penulisan. Kalau kegiatan lain sih aku kuliah dan masih berkampanye #SaveSharks bareng Riyanni Djangkaru. :)


Sekian, guys, bincang-bincang dengan Sefin. Nantikan obrolan dengan alumni kelas Plotpoint yang lain yah! :)

Minat mengikuti jejak Sefin untuk menulis novel? Silakan hubungi kontak dibawah ini, ya. ;)

021 34220888/ 021 75902920 
daftar@tulissekarang.com
 
@_PlotPoint
 
YM: tulissekarang
 
www.plotpointkreatif.com



No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan