Sunday, April 14, 2013

Sekilas Mengenai Nh. Dini

Kali ini, PlotPoint mau membahas mengenai penulis-penulis berkualitas yang dimiliki Indonesia. Ada banyak banget, guys. Tapi coba kita mulai dari seorang penulis perempuan yang karyanya cukup membekas di hati para pecinta buku Indonesia. 

Sumber foto: sunardian.blogspot.com 

Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau yang lebih dikenal dengan nama pena Nh. Dini. Beliau lahir di Semarang, Jawa Tengah, 29 Februari 1936. Beliau dilahirkan dari pasangan Saljowidjojo dan Kusaminah. Beliau anak bungsu dari lima bersaudara. 

Bakatnya menulis fiksi semakin terasah di sekolah menengah. Waktu itu, Beliau sudah mengisi majalah dinding sekolah dengan sajak dan cerita pendek. Pada usia 15 tahun, Beliau menulis sajak dan prosa berirama dan membacakannya sendiri di RRI Semarang. Sejak itu ia rajin mengirim sajak-sajak ke siaran nasional di RRI Semarang dalam acara Tunas Mekar. Langkahnya semakin mantap ketika ia memenangi lomba penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.

Walau sudah mendapatkan penghargaan SEA Write Award di bidang sastra dari Pemerintah Thailand, tapi Beliau tetap berendah hati. Beliau mengaku hanya sebagai seorang pengarang yang menuangkan realita kehidupan, pengalaman pribadi dan kepekaan terhadap lingkungan ke dalam setiap tulisannya. Hingga kini, ia telah menulis lebih dari 20 buku. Beberapa karyanya adalah Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975) atau Namaku Hiroko (1977), Orang-orang Tran (1983), Pertemuan Dua Hati(1986), Hati yang Damai (1998). Karya-karya tersebut belum termasuk karya-karyanya dalam bentuk kumpulan cerpen, novelet, atau cerita kenangan. Kebanyakan di antara novel-novelnya itu bercerita tentang wanita. Karya Nh. Dini adalah karya yang dikagumi. Beliau dikenal memiliki teknik penulisan konvensional. Namun menurutnya teknik bukan tujuan melainkan sekedar alat. Tujuannya adalah tema dan ide. Tidak heran bila kemampuan teknik penulisannya disertai dengan kekayaan dukungan tema yang sarat ide cemerlang.


Nah, itu tadi sedikit info tentang penulis Nh Dini. Nantikan artikel seputar penulis Indonesia lainnya di blog kami ya...


Sumber: Berbagai sumber

1 comment:

  1. bagus buat bahan rubrik majalah, ijin copas :)

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan