Thursday, July 18, 2013

#KamisKreatif Makin Stylish dengan Hijab!

Halo teman teman, nggak terasa puasa sudah masuk minggu ke dua. Sejauh ini, lancar-lancar saja kan? :p
Berhubung cuaca di Jakarta dan sekitarnya sedang lumayan dingin karena sudah mulai masuk musim hujan, not much effort is needed buat menahan haus :D
Bicara tentang bulan Ramadhan, banyak beberapa industri yang mengalami peningkatan secara signifikan. Di antaranya ‘perburuan’ kuliner, busana muslim, perlengkapan ibadah, transportasi dan busana muslim. Nah, kali ini PlotPoint akan angkat salah satu dari industri tersebut, yaitu busana muslim - khususnya Hijab.
Hijab atau jilbab merupakan penutup aurat bagi para muslimah. Industri hijab mulai pesat berkembang pada pertengahan tahun 2000-an. Hingga saat ini, hijab menjadi amat populer karena erat kaitannya dengan fashion seorang muslimah. 
Salah satu faktor yang membuat penggunaan hijab jadi semakin dekat di kalangan muslimah muda, adalah selain karena alasan kewajiban, juga karena gaya hijab yang semakin modis – bagaimanapun, feeling pretty and looking good is a women’s need, right?
Ya, model hijab yang dulunya monoton, saat ini sudah sangat beragam; mulai dari corak, warna, bahan hingga gaya. Karena itu, muslimah dunia khususnya Indonesia berlomba-lomba membuat tren baru sesuai kreativitas mereka. 
Untuk memenuhi kebutuhan muslimah akan penggunaan hijab, makin banyak ide baru yang bermunculan dari para desainer untuk menciptakan kreasi hijab yang kain menarik dan tentunya, ready to wear

Sebut saja Dian Pelangi yang khas dengan batik, woven dan sentuhan tradisional lainnya. 

Hasil rancangan Dian Pelangi. Elaborate!
Selain itu, ada Hannie Hananto yang mengusung bentuk geometri, berupa garis, polkadot dan sebagainya.

Rancangan Hannie Hananto dengan tema ‘Toy Soldier’ di Jakarta Fashion Week 2013
Desainer lain yaitu Ria Miranda dengan ciri khas hijab warna pastel. Warna-warna soft seperti nude atau rose pink, adalah beberapa dari warna yang sering diusungnya. Ternyata, Ria Miranda juga sudah meluncurkan buku berjudul Inspiration by Ria Miranda, sebagai panduan muslimah dalam kreasi hijab, serta inspirasi bagi muslimah lain yang belum berhijab. 

Desain Ria Miranda yang feminin dan lembut
Kamu bisa berburu rancangannya di sini ;)

Suka juga dengan style hijabnya? Ini dia video kreasi Ria Miranda di Jakarta Islamic Fashion Week (JIFW) 2013!




Selain Ria Miranda, ada juga kolaborasi dari tiga desainer wanita yaitu Istafianai Candarini, Nadya Karina, serta Afina Candarini yang tergabung dalam brand Kamiidea. Desain hijab yang mereka tekankan adalah sesuatu yang siap pakai, nyaman, namun menonjolkan keberanian. Spesialisasi Kamiidea adalah desain tie dye dengan kombinasi bentuk.


Hijab kreasi Kamiidea yang beragam dan cantik
And there’s still a lot more of Kamiidea’s designs. Just click here.

Selain desainer lokal, kamu juga bisa ikutin gaya Hana Tajima yang edgy dan casual ini. Hana Tajima merupakan desainer dari Inggris yang mempopulerkan gaya hijab modern. Karenanya, dunia menjadi lebih familiar bahwa hijab merupakan identitas muslimah yang bisa dikreasikan namun  tetap sesuai dengan aturan agama. 

Ki-ka: Hana Tajima, featured di majalah Glamour France; Tampil cantik dengan flowy dressShe can even rock a plain t-shirt. Awesome.
Ingin semakin terinspirasi dengan gaya Hana Tajima? Ikuti gaya hijabnya yang effortless di tutorial ini :)


Hijab saat ini juga bukan hanya sekedar tren, tapi sebagai sebuah identitas yang ditonjolkan melalui beberapa perkumpulan atau komunitas hijab. Sudah sering dengar Hijabers, Hijabspeak, atau Hijabersmom Community? Ketiganya merupakan komunitas besar yang menjadi wadah para muslimah untuk sharing segala hal tentang Islam, tentunya penggunaan hijab.
Bersamaan dengan bulan Ramadhan seperti saat ini, banyak juga event-event yang diselenggarakan oleh komunitas-komunitas di atas.
Fungsinya tentu aja untuk membangun silaturahmi yang lebih erat, mengisi waktu berpuasa kamu dengan hal-hal yang positif, dan yang pasti nambah pahala, hehehe.
Nah, PlotPoint kasih nih beberapa event bagi kamu para muslimah yang bisa didatangi. Ada HijabSpeakFest yang akan diadakan pada tanggal 8-21 Juli 2013 di FX, Sudirman. 
Selain itu, ada Bazaar Ramadhan yang akan diadakan di Sampeorna Strategic, Jakarta Selatan.
Eits, tenang aja, event-event ini terbuka bagi muslimah, baik yang berhijab maupun belum. Menarik ya, bisa isi waktu ngabuburit kamu dengan hal yang bermanfaat – siapa sih, yang menolak untuk menjadi lebih stylish?
Semoga ulasan kita mengenai hijab bisa menginspirasi kamu baik yang sudah berhijab ataupun belum. Selamat berpuasa :)

Sumber:
  • dianpelangi.com
  • hanatajima.com
  • hanniehananto.com
  • hijabspeak.com
  • infoevent.com
  • kamiidea.com
  • riamiranda.com
  • vemale.com
  • hijabfashionweek.com

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan