Monday, May 20, 2013

Interview alumni Plotpoint: Novena Adelweis Gisela

Halo guys!

Kita share cerita lagi yuk dari alumni workshop Plotpoint. :D

Kali ini Novena Adelweis Gisela yang akan berbagi cerita tentang pengalamannya mengikuti kelas skenario. Novena ini merupakan alumni kelas skenario untuk periode September-November 2012. 




Kenapa sih kamu tertarik ikutan kelas menulis skenario?
Saya banyak meluangkan waktu untuk nonton film, membaca, sekaligus menulis. Kalo untuk menulis artikel dan cerita non fiksi, buku panduannya mudah ditemukan di toko buku. Banyak. Tapi kalo soal penulisan skenario, bisa dibilang bukunya malah jarang. Maka dari itu, saya memutuskan untuk ikut Kursus Penulisan Skenario agar lebih paham teknik dasarnya. 


Sebelum kamu ikut kelas mas Aris, gimana kamu melihat skenario dan film?
Buat saya, menonton film itu hanya untuk hiburan. Sesekali merhatiin skenario hanya ketika tokoh utama ngomong sesuatu yang ‘dalem’. Iya. Buat nge-tweet quotations. #ngaku #jujur


Ada yang berubah setelah ikut kelasnya mas Aris? Ceritain dong...
Perubahan yang paling terasa itu … Menikmati sebuah film rasanya nggak sama lagi! Entah kenapa mudah ditebak semua. Hahahahahaha. Justru dengan begitu, kita jadi lebih selektif memilih tontonan. 

Selain itu, saya jadi lebih sering nonton film Indonesia yang bermutu sebagai referensi belajar. Ternyata banyak juga yang bagus. 


Emang apa aja sih yang diajarin mas aris?
Mas Salman Aristo mengajarkan kita untuk memahami fiksi terlebih dulu, sebelum belajar menulis skenario film dari awal. Asyiknya lagi, Mas Aris juga suka berbagi tips and trick, daftar film yang bisa dijadiin referensi buat bikin film low budget, penokohan yang quirky, dan dokumenter. Jadi bisa dipastiin peserta bakalan bisa langsung praktek setelah lulus dari kelas ini.


Ada kejadian menarik selama ikut kelas mas Aris?
Ada! Jadwal kelas kami bersamaan dengan pemutaran film Jakarta Hati di bioskop. Alhasil, di kelas jadi ngebahas film tersebut. Mulai dari teknik pengambilan gambar, ide cerita, pendanaan, sampai cinta lokasi pemainnya! Dari kami berlima (saya, Memes, Benny, Daniel, dan Iman), hanya tinggal saya, Benny, dan Iman yang belum nonton. Seusai kelas, dibela-belain nonton bareng. Seru!


Selanjutnya, apa rencana kamu selepas mengikuti kelas ini?
Resolusi saya yang belum tercapai sejak tahun 2011 adalah menjadi salah satu penulis skenario film pendek di L.A Lights Indie Movie. Rencananya seminggu lagi saya akan mengikuti ‘tantangan’. Doakan ya. ☺

Setelahnya, saya akan mencoba menulis skenario FTV terlebih dahulu sebelum menulis untuk film layar lebar dan dokumenter.


Apa kegiatan kamu sekarang?
Sembari menunggu kepastian bekerja di perusahaan idaman, saya menulis artikel dan cerita pendek untuk media.


Sekian hasil interview dengan Novena. Sampai jumpa di interview alumni berikutnya! :D

Untuk kalian yang berminat mengikuti kelas Penulisan Skenario Dasar sama seperti Novena, kalian bisa menghubungi kontak di bawah ini, ya. ;) 

021 34220888/ 021 75902920 
daftar@tulissekarang.com
 
@_PlotPoint
 
YM: tulissekarang
 
www.plotpointkreatif.com

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan