Friday, June 14, 2013

8 Cara Menghilangkan Buntu Ide Saat Menulis




Hi guys!
Kalian ada yang suka menulis? Sering kena buntu ide nggak? Penulis juga sering banget nih buntu ide, misalnya kalau lagi nulis cerpen kadang gak tau endingnya mau kayak gimana, atau malah waktu nulis essay buat ikut lomba suka bingung menuangkannya ke tulisan. Wah, kalau kalian juga pernah menghadapi hal-hal tersebut, yuk kita intip tips-tips berguna buat menghalau kebuntuan ide menulis atau bahasa kerennya nih "writer's block".


1. Dengerin musik
Kamu semua suka banget dengerin musik dong? Apapun pilihan musik kamu, lirik lagu dan alunan nadanya pasti menginspirasi kamu. Misalnya nih, kalau kamu lagi dengerin Bruno Mars yang Lazy Song, mungkin kamu jadi terinspirasi menulis hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan di hari malas kamu, atau kalau kamu lagi galau dan dengerin lagu-lagu mellow, kamu lebih menghayati dalam menulis. Oh iya, kamu juga bisa banget tuh nulis cerita sambil ngedengerin lagu-lagu klasik atau new age yang menenangkan. Dijamin inspired.

2. Istirahat sebentar
Menulis itu harusnya tanpa paksaan dan kalo lagi gak enjoy menulis, hasil tulisannya nanti gak nendang deh. Mendingan kalau kamu lagi buntu ide, tinggalin aja dulu sebentar karya tulis kamu yang belom selesai itu dan take a break. Lakukan aja hal-hal yanh asyik selain nulis, istirahatin otak dulu lah sebentar, supaya nanti nggak ngebul karena mikirin tulisan dulu hehehe.


3. Kopi dan "Bobo-bobo cantik"
Ini serius. Peneliti Inggris udah ngebuktiin kalo minum kopi dan setelahnyatidur pendek alias bobo-bobo selama 15 menit akan meningkatkan produktivitas loh! Asal tidurnya jangan kebablasan ya hehehe. Siap-siap kreativitasmu akan semakin tak terbendung!


4. Berguru dengan Orang Terkenal
Bukan berarti kamu harus kenal sama artis-artis atau tokoh faboritmu dong ya. Berguru kan banyak caranya, salah satu yang paling gampang adalah membaca tulisan yang mereka bikin atau quotes-quotes dari mereka, buat nambahin inspirasi dong pastinya. Selain itu, kamu bisa nonton film atau video-video menarik yang berkaitan dengan mereka buat menambah ide.


5. Ganti suasana
Mungkin, menulis di rumah bikin kamu bosen, atau kamu bosen nulis di tempat yang sama setiap hari. Kebosanan itu yang bikin buntu ide loh, guys. Coba deh bawa laptop atau notes kamu ke tempat-tempat baru atau mungkin tempat yang menurutmu asyik tapi akhir-akhir ini jarang kamu kunjungin, untuk cari inspirasi menulis. Kebun binatang mungkin? Atau kafe baru di jalan sebelah? Up to you :)


6. Pikirin para calon pembaca
Untuk poin yang satu ini ngena juga. Kalau kamu nulis dan buntu ide, coba pikirin, kira-kira tulisan ini mau kamu tujuin ke siapa ya? Apa ya yang bisa lebih digali untuk memuaskan haus pengetahuan para pembaca? Pastiin kamu juga puas dengan tulisan kamu, walau belum selesai. Ngebayangin orang yang terhibur baca tulisan kamu kan sebuah kesenangan tersendiri, iya nggak guys?


7. Tulis cerita yang lain
Kalau belum juga terinspirasi, coba deh kamu berpaling dari tulisan yang bikin kamu buntu ide itu dan mulai tulisan yang baru, dari awal lagi. Siapa tau, tulisan baru ini akan lebih menarik dan akan lebih gampang untuk diekspresikan sama kamu. Ide yang segar dan langsung dituangkan juga bikin kamu makin berkarya dengan produktif. Jangan takut untuk memulai dari awal.


8. Baca bacaan random
Coba kamu baca buku atau tulisan yang nggak biasa kamu baca atau genre tulisannya sama sekali berbeda dengan yang kamu suka baca. Misal kamu suka bacanya cerita cinta, nah sekarang coba kamu mulai baca cerita thriller atau cerita yang based on history. Dengan gitu, kamu akan dapat ide baru untuk tulisan kamu habis ngelihat jenis-jenis tulisan lain yang belom pernah kamu baca sebelumnya.


Gimana teman-teman? Semoga tipsnya berguna ya buat kalian, biar lain kali nggak kena buntu ide hehehe :D Tetap berkarya ya dan selalu semangat untuk menulis.
Salam!


Sumber:
www.vappango.com
http://pinterest.com/pin/364932376025901302/
Gambar:
http://www.steveshapiro.com/wp-content/uploads/2012/10/writers-block2.jpg
http://www.aacc.edu/creativewriting/image/writing-2.jpg

5 comments:

  1. tx for the tips, PP! Cemunghut nulisss *sigh*

    ReplyDelete
  2. Akademimenulis.com adalah sebuah komunitas generasi muda yang suka berbagi dan menulis untuk mengisahkan hal-hal yang bermanfaat sekaligus mengisi kebiasaan online dengan aktivitas produktif.

    Akademimenulis.com bergerak untuk:
    - Membentuk wadah kreasi bagi pemuda agar suka berbagi dengan menulis
    - Melatih para pemuda agar mengembangkan keberanian & kemampuan menulisnya secara baik dalam berbagai bentuknya
    - Memberikan kesempatan bagi pemuda untuk menjadi penulis di media-media online atau membuat portal informasi mandiri yang bermanfaat

    http://www.akademimenulis.com/tentang-kami/

    ReplyDelete
  3. sering buntu juga nih pikiranku hehe...nice tips nice sharing...makasi mbak

    ReplyDelete
  4. makan permen dingin ini http://goo.gl/YYA3M5supaya otak seger dan fresh lagi

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan