Tuesday, June 25, 2013

Capek Ditolak Redaksi? READ THIS!


Udah semangat ’45 bikin tulisan tapi ditolak terus?  
Here’s a few things that you might not know  ;D


Source: pinterest.com


  • Do you have any idea berapa tulisan yang diterima redaksi setiap harinya? Bisa ratusan. Nah, karena jumlah yang terlalu tega seperti itu, yang pertama dilihat adalah JUDUL. Jadi, bikin judul semenarik mungkin :)
  • Sertakan SINOPSIS cerita kamu. Kenapa? Karena setiap hari penerbitan/majalah/ koran  atau media apapun itu menerima banyak sekali naskah kiriman. Biasanya, untuk scanning awal,  mereka kemungkinan besar tidak akan membaca naskah kamu secara penuh. Yang mereka ingin ketahui adalah apa dan bagaimana cerita kamu berjalan. Karena itu, sinopsis jadi penting banget. Dalam satu atau dua halaman sinopsis, kamu harus bisa membuat pembaca tertarik untuk mau membaca naskah kamu secara full. Oiya, PlotPoint punya tips gimana membuat SINOPSIS yang baik. Kalo kalian mau tau, bisa dibaca di sini: http://plotpointkreatif.blogspot.com/search?q=sinopsis
  • Jangan lupa bikin surat pengantar yang memperkenalkan diri (jangan terlalu fokus ke kamu, lebih fokus ke naskah). Masukin juga sedikit cerita dari naskah yang diajukan. Keep it short, ± 25 kata
  • Kamu nggak akan langsung dikabari mengenai naskah kamu diterima atau ditolak. Kadang, redaksi memerlukan waktu yang cukup panjang untuk membaca dan memberikan komentar terhadap naskah kamu. Setiap redaksi memiliki kebijakan yang berbeda-beda.  Kalo di PlotPoint, biasanya waktunya sekitar 1-3 bulan. Diterima atau ditolak, pasti kamu akan mendapat jawaban dari tim redaksi PlotPoint. Kalo gak kunjung dapat info mengenai naskah yang kamu kirim, kamu bisa langsung menghubungi tim redaksi PlotPoint.
  • Redaksi juga minta kepastian dari kamu apakah tulisan kamu (yang diterima) udah pernah terbit atau bahkan mau terbit di media lain atau belum.Redaksi juga akan memberikan informasi mengenai proses editing, dan detail-detail lainnya.
  • Untuk meminimalkan resiko naskah kamu jadi rebutan antar penerbit/media, tunggu dulu kepastian dari satu redaksi  selama 3 bulan sampe ada kabar jelas tentang naskah kamu. Habis itu, baru kirim tulisan kamu ke tempat lain :D
  • Setelah tulisan kamu diterima, here comes the moment of truth: Siap-siap berhubungan dengan legal. Jadi, jangan lupa cantumkan data pribadi lengkap seperti nama, alamat, nomer telefon, nomer rekening dan nomor wajib pajak. Ingat, warga yang baik harus taat pajak ;)
  • Make sure you know what kind of media you’re sending your works to. Jangan sampe kamu kirim tulisan roman dewasa ke media yang (ternyata) menerbitkan tulisan-tulisan sejarah, misalnya. Masing-masing penerbit/media memiliki karakter dan preferensi yang berbeda-beda.
AHA! (source: pinterest.com)



Jadi, ditolak bukan selalu berarti karena tulisan kamu jelek ;) Bisa aja karena media/penerbit yang kamu tuju gak cocok sama tulisan kamu. Jadi, tips dari kami: CARI TAU dengan pasti media yang pas sama tulisan kamu ;)  

Ooh, one last thing: rejection is normal. Buku-buku yang bestselling kayak serial Harry Potter atau M*A*S*H aja awalnya ditolak banyak kali lho. Selain itu, jangan pernah berhenti belajar dan membuka wawasan seluas-luasnya. Itu berguna banget loh buat improve kemampuan menulis dan juga cerita kamu.  

Terakhir, ini ada beberapa website seputar dunia penulisan, yang recommended banget buat dijelajahi!

  • writersdigest.com
  • writersrelief.com

8 comments:

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan