Tuesday, June 25, 2013

[EVENT] "CERITA DAN ANIMASI" BARENG MUVILA & PLOTPOINT

“People are hungry for stories. It’s part of our very being. Storytelling is a form of history, of immortality too. It goes from one generation from another”
– Studs Terkel

Kamu pernah nonton film-film animasi seperti Toy Story, Finding Nemo, Monster Inc atau Shrek? Atau mungkin diantara kamu ada yang tertawa sampe sakit perut atau bahkan ada yang sampe menitikkan air mata? Nah, kenapa coba film animasi bisa mempengaruhi kamu sampe segitunya? Jawabannya karena film-film tadi bukan cuma mengandalkan gambar dan karakter yang bagus dan lucu. Sama seperti film lainnya, Toy Story, Finding Nemo, Monster Inc dan Shrek juga mengandalkan CERITA.



Source here
Film-film ini ‘hidup’, dengan tokoh yang believable dan sukses bikin penonton jatuh hati dan ikut meresapi cerita :D
Di Finding Nemo misalnya, kita ikut merasakan ketegangan Nemo saat dia berusaha keluar dari akuarium lewat tabung udara yang kecil banget.
Atau, karakter Puss di film Shrek. Ekspresi andalannya dengan bola mata membesar sukses bikin si Puss yang aslinya menyebalkan jadi tiba-tiba adorable ;)


Ekspresi ini sukses dipake Puss di Shrek 2, pas dia mau menerobos pengawal.
Yup, he nailed it (source here)
Nah, di Indonesia kebanyakan film animasi, yang ada kurang menyentuh sisi STORYTELLING, walaupun kalo dari segi gambar emang gak kalah dengan film-film animasi dari negara-negara lain. Dan yep! Pada kenyataanya Indonesia masih kekurangan banget storyteller yang baik untuk menjadikan animasi sesuatu paket yang lengkap buat bercerita. 

Padahal, film yang ‘hidup’ ini yang kita cari. Film dengan cerita dan tokoh dengan karakter yang kuat dan plot cerita yang seru dan bisa bikin penonton  terbawa ke dalam dunia yang diciptakan oleh filmmakernya.
Gambar yang menarik dan atraktif nggak akan hidup kalau karakter dan cerita di dalamnya nggak menarik.

Karena itu, gimana sih bikin cerita yang baik? Cerita yang baik akan membuat penikmat animasi memperoleh ‘sesuatu’ setelah menontonnya. Penokohan yang kuat dan pengaturan plot yang baik, otomatis akan memberikan nyawa terhadap animasi. Sehingga, animasi nggak hanya bisa dinikmati dari sisi visualnya saja.  
Mau tahu gimana membuat cerita yang baik dalam berbagai medium khususnya animasi? Yuk gali ilmunya di acara yang diadakan oleh Muvila dan PlotPoint di PopCon Asia 2013 dengan tema “Cerita dan Animasi”.



Dalam acara ini ada Gina S.Noer dan Chandra Endroputro akan share tentang apa itu cerita, bagaimana membuat cerita yang baik, dan cerita dalam berbagai media. Contohnya buku, film, dan juga komik. Sementara, Chandra Endroputro akan ngebahas keterkaitan antara cerita dan animasi. Ya, karena untuk bikin animasi yang menarik, kamu harus punya teknik animasi plus cerita yang baik, guys!
Kebayang kan betapa pentingnya cerita dalam sebuah animasi? Kamu juga bisa kontribusi di dunia animasi dengan berbekal cerita yang baik kok!

Ajak temen-temen kamu juga untuk tahu gimana bikin cerita dalam animasi yang oke ya, guys! Sampai ketemu!




No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIBACA

How To Make Comics oleh Hikmat Darmawan