Kebetulan, kamu memegang posisi social media di
sebuah perusahaan – dan diantara social-social media yang ada, ternyata kamu
kebagian blog dimana kamu ditargetkan untuk membuat beberapa posting dalam
tenggat waktu yang nggak lama.
Pernah merasa kewalahan dengan ini nggak? Dengan
banyaknya topik menumpuk menyebabkan speechless (dalam menulis), antar topik
jadi campur aduk – dan berujung pada konslet, dan akhirnya nggak nulis apa-apa.
Nah, kita ada tips buat itu :D1. Bikin deadline
Deadlinenya dipatuhi lho :p Just imagine this setiap kamu mau bikin posting baru: kamu lagi bikin berita utama buat koran, dan berita itu harus jadi 1 jam lagi. Hayati. Feel the chaos.
2. Buat target di kalender
Nggak harus di kalender kok. Intinya, buat jadwal sedetil mungkin – bukan cuma tanggal, tapi juga jam – tentang kapan artikel itu mau kamu publish.
3. Keep a topic list
Jadikan ini semacam guideline kamu J Lebih gampang bikin tulisan di ‘kertas’
yang udah ada panduannya daripada ‘kertas kosong’ kan?
· Tutup
pintu: selain menghindari kebisingan dan masuknya hal-hal tidak diinginkan
(baca: anak kecil, kucing tetangga, etc…) juga supaya kamu sendiri nggak ngintip-ngintip
keluar (dan akhirnya jadi nggak fokus, deh).
Untuk efek fokus yang lebih dahsyat, tutup jendela. Tutup gordennya
juga.
· Keep your hands off your phone:
ini dia tertuduh utama pengganggu pikiran terbesar. Why? Ini karena, rata-rata
orang memeriksa handphone kurang lebih 60 kali sehari, dengan jeda sekitar 2
menit setiap kali memeriksa. à
(Let’s calculate: 2 x 60 = 120 menit = 2 jam hilang cuma buat cek handphone.
Aaargh nooo)
P.s:
handphone kamu rajin dapat sapaan dari temen dan kamu nggak enak kalo nggak
langsung bales? Ubah aja status kamu jadi ‘sibuk’ ;)
· Menjauhlah
sementara dari social media: sebelum
artikelnya selesai, jangan buka-buka semua account social media o.o Soalnya,
social media punya efek fast forward time
travel – rasanya kamu cuma nulis-nulis di situ sebentar, baru ngintip
profile beberapa temen. Eeh, ternyata udah berlalu 3 jam. Gubrak. – Just be
‘antisocial’ for a while.
· Cukup
1 tab aja: semakin banyak tab yang dibuka, the
more distracted you will be. Apalagi kalo setiap tab isinya tentang topik
yang berbeda. Kerjakan satu-satu, pasti lebih cepet selesai ;)
· Pintar
memanfaatkan musik: baru-baru ini, ada penelitian yang menyatakan bahwa
mendengarkan musik malah membuyarkan konsentrasi. 20 menit pertama memang
membantu konsentrasi – setelah itu, nggak. Soalnya, musik memicu beberapa
bagian dari otak untuk tidak bekerja maksimal.
Maksudnya, mulailah tulisan dengan
intinya dulu. Setelah itu, baru jelasin detil poin kamu J
Contoh: Yellow adalah kucing yang suka cari perhatian. Hobinya
nempel-nempel pertanda minta dielus. Sok imut deh.
Nah, inti dari tulisan ini “Yellow
adalah kucing yang suka cari perhatian”.
Sisanya adalah penjelasan tambahan J6. Write first, edit later
Just
write. Nggak usah pikirin dulu tentang typo, tulisan kamu bagus atau malah jelek, pemilihan kata, dan lain sebagainya. Let
the story flow. Setelah selesai, baru diedit…
Misalnya, kamu lagi bikin tulisan
yang perlu data akurat dan kebetulan kamu nggak tau data itu. Jangan berhenti sebentar-sebentar
buat research datanya. Mendingan, selesaikan tulisan dulu baru cari datanya J
Contoh: XXX
meninggal pada tanggal YYY. Begitu tulisan selesai, baru ganti XXX dan YYY
dengan data yang akurat. 8. You are the storyteller
Ini dia tips yang nggak kalah
penting. Pas kamu lagi mengedit tulisan, baca tulisan kamu keras-keras. You may
not realize it, tapi dengan cara ini kamu akan lebih gampang menemukan
kesalahan ;)
Walaupun
tips-tips ini simpel, membantu banget lho ;) Happy struggling! Perjuangkan posting-posting blog kamu sampe jadi! *menjotos udara*
Sumber:
pinterest.com
Reader’s Digest Indonesia
Aaaaak, bener semua ini pangkal masalahnya.
ReplyDeleteNice infooooo! *catet*
glad tohelp :D tetap semangat bikin tulisan yaa
Deleteizin copy min :D
ReplyDeletemakasih min... sangat bermanfaat banget. apalagi buat aku yang memang seringkali gak fokus pada satu tujuan kalau udah mau posting blog :D
ReplyDeleteWah cucok banget nih tips buat saya. Paling susah tuh bwt yang namanya gak ngecek hape sama akun socmed, huhuhuu
ReplyDeleteboleh juga nih, cuma agak ga ngerti di point ke 3. Keep a topic list, kynya itu harus di jelasin lebih jelas deh
ReplyDeletekeep a topic list ini maksudnya, kamu bikin draft dulu tentang apa aja yang mau kamu tulis :)
Deletemenarik sekali untuk dicoba
ReplyDeletekokatto